Wednesday 22 April 2009

Bolehkah Kita Copy Paste Blog Orang Lain ?







Hari ini saya membaca sebuah artikel yang cukup menarik di sebuah blog afatih.wordpress.com dibahas mengenai etika kita dalam menulis sebuah Blog. Memang masalah Copy Paste isi Blog di dunia cyber ini tidak dapat di bendung dikarenakan semua orang yang sudah masuk dalam dunia ini memiliki hak yang sama dalam mendapatkan informasi dan juga hak yang sama dalam menulis sebuah informasi. Umumnya Blogger pemula seperti saya ini memang kadang-kadang sedikit kebingungan dalam memikirkan topik apa sih yang sebenarnya harus saya tulis di Blog saya.


Dan buat sebagian orang memang mencontek atau copy paste tulisan orang adalah hal yang paling mudah dalam membuat sebuah tulisan di dalam Blog kita. Atau dengan kata lain dari pada Blog kita isinya kosong melompong lebih baik berisi walaupun itu buah pikiran orang lain. Perdebatan masalah copy mengcopy buah pikiran orang lain memang sampai sekarang masih menjadi bahan perdebatan baik dikalangan para Blogger ataupun di dunia kita yang real sekalipun. Lihat saja banyak sekali pembajakan baik itu lagu, program atau apapun juga yang jelas-jelas sudah didaftarkan hak patentnya. Apalagi buat kita yang bisa dengan bebas mengakses informasi apapun yang ada di dalam dunia cyber ini.

Memang banyak perdebatan masalah ini dan yang paling penting kita harusnya tetap bisa menjaga dan menghormati buah pikiran orang lain dan kalaupun memang artikel itu kita anggap menarik dan kita ingin memasangnya di dalam Blog kita tidak ada salahnya kita memasang dari mana sumber artikel itu supaya kita tetap dapat menjaga etika dalam dunia Blogger ini.

Saya sendiripun sampai saat ini masih serba bingung kalau ingin memposting sebuah artikel. Dalam diri saya sendiri selalu bertanya-tanya ? Bagus atau tidak yah artikel saya ? Jangan-jangan artikel saya sudah basi nih ? Atau apapun juga dan terkadang saya sendiri berfikiran lebih baik mengcopy punya orang saja dari pada kita tulis sendiri dan ternyata jelek alias tidak bermutu. Tetapi terkadang juga terfikir ah lebih baik kita tulis buah pikiran kita sendiri saja. Biar jelek yang penting ngga Nyontek :)

Btw kalau menurut teman-teman semua lebih baik yang mana ? Apakah teman-teman lebih senang menulis sendiri atau mengcopy punya orang yang penting tetap dijaga etikanya saja ?


25 comments:

  1. klo aku sih lebih senang menulis dengan kemampuan sendiri. karena ini menyangkut kepuasan blogging. walaupun blog kita sering update tapi hasil copas terkadang kurang begitu greget buat yang punya. oia, salam kenal mas dari blogger karawang

    ReplyDelete
  2. Worn by the affluent and arresting Christian Louboutin Sale
    are usually empiric in magazines at the cine awards shows. These Christian Louboutin Pumps
    are recognized, Christian Louboutin Sandals
    are accustomed on annual of their characteristic detail, yet antic additions accord just the appropriate addition to such accepted Christian Louboutin Boots

    ReplyDelete
  3. memang bagusnya buat sendiri tulisan/artikel diblog kita, namun kalaupun mau copas dari blog orang menurutku dak masalah selagi kita mencantumkan asal blog/web itu dan tidak mengklaim itu tulisan kita. Bahkan secara tidak langsungkan kita juga ikut mengenalkan blog sumber itu lebih luas lagi, jadi saling menguntungkanlah..:)

    salam kenal (www.satriadihendri.blogspot.com)

    ReplyDelete
  4. Iya lebih baik nulis ndiri.....tapi kalo lagi mepet nih pikiran,,boleh copas dan di modif dikit dan ada sumbernya lam kenal dari blogger newbie
    http://tentramku.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. nah kalo copy paste gambar gmana bang ?

    ReplyDelete
  6. boleh aja asal sertai sumberny..

    ReplyDelete
  7. I feel this is one of the such a lot vital info for me. And i am satisfied reading your article. But wanna statement on some common issues, The web site taste is perfect, the articles is in point of fact nice : D. Just right process, cheers.

    ReplyDelete
  8. boleh saja, copy paste karena pada dasarnya tulisan yang di masukan internet bagi saya sudah milik umum, kalo kita nggak ikhlas ya mending disimpan saja.

    ReplyDelete
  9. saya juga kadang copy paste,,, hehehee,, tapi tetep ,,, main source juga disispkan di bagian bawah artikel,,

    ReplyDelete
  10. wahh.. informasi yang sangat menarik nih...
    download film

    ReplyDelete
  11. Iya gan sebenernya gpp kalau mencantumkan url sumber. Lagian khan kita gunanya utk share informasi. Ilmu buat dibagikan gan, bukan disimpen sendiri. Jd kalau pendapat saya pribadi, tulisan saya silahkan dicopas sebanyak2nya hehe

    ReplyDelete
  12. Kalau menulis sendiri lebih bangga kan Kita !!
    silahkan berkunjung Gan, http://suksesblog2015.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. artikel yang bagus, dan terima kasih sudah berbagi infonya.

    Royal poker88 adalah, poker asia dan poker poker online indonesia,
    proses deposit dan withdraw cepat serta info bank yang akurat.

    poker
    poker online indosia
    poker online indosia terpercaya
    poker88
    poker online indosia
    poker asia
    dewa poker

    ReplyDelete
  14. 7a replica bags philippines gucci replica e8d74j4m41 replica nappy bags replica zara bags replica hermes bags s9j21m2c80 replica bags louis vuitton click this d6s34y7j86 louis vuitton replica replica bags by joy

    ReplyDelete

Powered By Blogger

Followers