Friday 22 May 2009

Mengenal Blogspot.com


Blogger, Merupakan dunia dimana kita bisa saling menuangkan isi hati, curhat-curhatan, mencari uang, promosi dll. Saat kita ingin memasuki dunia blogger banyak sekali situs yang memberikan fasilitas kepada kita secara gratis untuk membuat blog dengan menumpang kepada domain mereka. Mengapa dikatakan menumpang karena nama blog kita seperti blog ini http://blokinfo.blogspot.com/masih menumpang di domainnya si blogspot.com. Nah untuk mengapresiasi Om Blogspot ngga ada salah saya berbagi sharing mengenai Sejarahnya si Om Blogspot.com karena telah berbaik hati menjadi Bapak Domain bagi jutaan Bloggers di seluruh dunia.

Blogspot. Com sendiri merupakan sebuah situs website blog hosting atau sebagai penyedia layanan aplikasi web dalam bentuk blog yang menjadi subdomain dari system publikasi Blogger.com yang merupakan bapak perusahaannya dari si Blogspot.com. Tapi dibalik itu ada Kakek perusahaannya si Blogspot.com yaitu Om Google Inc.

Blogspot sendiri awalnya didirikan oleh Pyra Lab di tahun 1999. Sambutan di dunia terhadap peluncuran ini amat sangat luar biasa, yang dibuktikan dengan semakin banyaknya members yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Nah keberhasilan Blogspot.com ini mendapat perhatian yang luar biasa dai Om Google yang merupakan perusahaan besar yang memulai cikal bakal search engine di dunia. Karena kesuksesannya itu di tahun 2003 Blogspot.com diakuisisi oleh Google Inc.


Dengan akuisisi ini merupakan tonggak sejarah bermulanya Blogspot.com menjadi gratis dari sebelumnya merupakan domain blog yang berbayar. Selain gratis pengembangan yang dilakukan oleh Google juga menghasilkan perubahan yaitu penyediaan fitur mengenai perubahan template blog sehingga para pengguna dapat menggunakan design web sesuai keinginane dewek. Bahasa kerennya “semau gua”.


Fitur ini tentunya memberikan keleluasaan terhadap pengguna Blogspot.com yang mengerti bahasa pemrograman dalam bentuk CSS (Cascading StyleSheet) dalam mendesign template mereka masing-masing. Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah pengelolaan blog secara bersama juga disediakan oleh blogspot.com


Dengan diakuisisinya Blogspot.com mengakibatkan banyak sekali penambahan fitur yang merupakan hasil pengembangan dari internal maupun kerjasama dengan eksternal yang terus memanjakan kita sebagai Bloggers. Contoh hasil kerjasama yang bisa kita aplikasikan di Blogspot.com adalah :


  • Google Adsense yang merupakan fitur idaman bloggers, karena bisa menghasilkan uang tambahan dari hasil kerjasama iklan yang dilakukan google di halaman sebuah blog.

  • Google Toolbar, fitur ini membuat kita memungkinkan untuk memposting link secara langsung ke halaman blog hanya dari toolbar kita.

  • Blogger for Word, yang merupakan kerjasama dengan Ms dimana di Ms 2007 kita bisa menuliskan secara offline di Word dan kemudian bisa dipostingkan langsung ke halaman blog.

  • Picasa, yang merupakan hasil akuisisi google dari perusahaan lainnya juga yang memungkinkan kita menampilkan koleksi gambar/foto kita ke halaman blog kita.



Yang lainnya apa lagi yah… Ada masukkan ??



Pokoknya sukses buat Bloggers …

5 comments:

  1. thanks for info & visit nih..slm knl jg yah..nice info..

    ReplyDelete
  2. Tq mas Yusa, Masih harus banyak belajar dari mas Yusa nih.

    ReplyDelete
  3. wah, terima kasih ya tuk sharingnya. I love history of everything :)

    salam,

    romie
    www.engineeringtown.com

    ReplyDelete
  4. Worn by the affluent and arresting Christian Louboutin Sale
    are usually empiric in magazines at the cine awards shows. These Christian Louboutin Pumps
    are recognized, Christian Louboutin Sandals
    are accustomed on annual of their characteristic detail, yet antic additions accord just the appropriate addition to such accepted Christian Louboutin Boots

    ReplyDelete
  5. Begitu besar jasanya om blogger. berjuta terimakasih harus kita ucapkan

    ReplyDelete

Powered By Blogger

Followers