Joe Girald dikenal sebagai pemasar yang sangat populer di dunia. Keberhasilannya memasarkan 1.425 unit mobil dalam satu tahun menempatkan namanya dalam Guiness World Record (pemegang rekor dunia). Dalam bukunya yang berjudul The Greatest Salesman In The World, ia mengungkapkan tentang tehnik-tehnik efektif dalam menjual.
Sebuah pengalaman yang sudah sangat mempengaruhi cara pendekatannya dalam menjual mobil ketika ia sedang melayani seorang konsumen. Ia berhasil menarik minat konsumen tersebut untuk membeli. Tetapi saat sudah hampir dilakukan transaksi jual beli, orang itu tiba-tiba membatalkan niatnya membeli. Pikiran Joe sangat terganggu atas kejadian yang menimpanya siang itu.
Joe sangat ingin tahu mengapa orang itu membatalkan niatnya. Malam itu juga sekitar jam 11 malam Joe Girald menelpon sang calon konsumen. Orang itu sedikit kaget dan enggan mengungkapkan alasannya membatalkan transaksi pembelian. Tetapi Joe Girald terus meyakinkan ketulusan dan niat baiknya mengetahui penyebab pembatalan itu.
Joe berhasil mengorek keterangan dari calon pembeli tadi, bahwa orang itu sebenarnya ingin sekali membeli. Tetapi calon pembeli itu merasa tersinggung ketika Joe tidak mengindahkan dirinya saat sedang menceritakan perasaan bangga terhadap anaknya yang berhasil masuk perguruan tinggi. Pelanggan itu tidak suka pada sikap Joe yang lebih memperhatikan humor salah seorang rekannya. "Saya tidak akan membeli sesuatu dari orang yang tidak menghormati saya," kata pelanggan itu.
Informasi tersebut sangat berarti bagi diri Joe. Ia menarik kesimpulan bahwa setiap orang cenderung membeli sesuatu dari orang yang mereka senangi. Karena itu Joe Girald selalu mengingatkan, "Promosikan dirimu, sebelum promosi produkmu."
Things to Learn :
Kisah diatas mengingatkan kita agar mengedepankan pelayanan dalam memasarkan produk apapun, termasuk produk jasa maupun barang. Betapapun produk yang kita tawarkan cukup unggul dengan harga yang kompetitif, tetapi jika mengabaikan pelayanan yang baik akan berakibat fatal pada prospek pemasaran. Sebaliknya, dengan pelayanan yang baik maka keunggulan produk de-ngan kualitas dan harga kompetitif yang kita tawarkan mudah dipasarkan.
Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk memberikan pelayanan terbaik sekaligus menikmati cara berdagang. Langkah pertama adalah mengenali calon konsumen. Tujuannya adalah menciptakan suasana yang komunikatif dengan konsumen. Dengan demikian kita akan mendapatkan informasi tentang produk yang paling diinginkan konsumen dan cara lebih tepat untuk menghargai mereka.
Memberikan pelayanan terbaik termasuk memberikan informasi tentang produk kelebihan dan keunggulan dengan jujur, sistematis dan tidak berbelit-belit. Sekali saja kita mengada-ada, maka hal itu akan mempersulit prospek pemasaran selanjutnya. Berkata dan bersikap jujur adalah langkah yang paling bijaksana dan menyenangkan dalam berdagang.
Dalam memasarkan produk, upayakan untuk me-nempatkan diri pada posisi sebagai pembeli. Dengan demikian kita akan dapat merasakan informasi yang mereka butuhkan tentang produk. Menjawab pertanyaan mereka dengan sabar dan lengkap akan menjadikan produk yang kita pasarkan mudah laku.
Selain harga dan kualitas yang bersaing, faktor pelayanan menempati posisi strategis untuk mencapai kesuksesan memasarkan produk apapun. "Hanya ada 2 sebab pelanggan ingin membeli dari kita. Alasan pertama adalah produk yang menjadi solusi permasalahan konsumen. Alasan kedua adalah konsumen senang dengan kita," demikian simpul Michael Le Boeuf dalam bukunya yang berjudul How to Win Customers and Keep Them for Life.
Memang kalau ingin menjual produk kita harus membuat pembeli senang ...
ReplyDeleteterima kasih nih gan buat infonya , iya bener juga kita dalam berjual beli itu konsumen kan kita itu harus saling menguntungkan , makasih gan buat infonya
ReplyDeleteterimakasih gan buat infonya, salam kenal aja gan,,,
ReplyDeletememang bener gan gan dalam perjual belian itu harus saling menguntungan dan tidak saling merugikan
ReplyDeletetutorial penjualan nya mantap bener gan , makasih gan
ReplyDeletemantap nih, kita sebagai penjual dan pembelu harus sama2 menguntungkan iyya gak, maksih banyak buat infonya
ReplyDeletei feel very lucky can find this page..
ReplyDeletefinally i find something that i want to know..
thank you for this usefull informations..
keren juga nih informasinya, iya tuh mas , sebagai penjual dan pembeli seharusnya saling menguntung kan gan
ReplyDeletetulisan yang menarik bro, pengalaman dari seorang Joe Girald ini dapat menjadi inspirasi yang positif..
ReplyDeleteemmm... dalam pemasaran produk, jual-beli dan sejenisnya pelayanan memang bisa jadi faktor penting juga ya.. setuju deh dengan pendapat/kesimpulan seorang Michael Le Boeuf dalam bukunya yang berjudul How to Win Customers and Keep Them for Life
ReplyDeletebner tuh gan melakukan pelayanan nya harus baik sekali, makasih banyak buat infonya
ReplyDeletei feel very lucky can find this page..
ReplyDeletefinally i find something that i want to know..
thank you for this usefull informations..
thanks, i will focus on giving problem to my customer and good service to customer.
ReplyDeletesesuai dgn pepatah pembeli adalah raja..
ReplyDeleteklo kita melayani konsumen dengan baik pasti konsumen senang,tp klo kita sebaliknya ya..konsumen tdk mau berbelnja produk kita,,konsumen adalah raja...!
ReplyDeleteterima kasih artikelnya, hal ini akan membuat aku lebih perhatian terhadap konsumen
ReplyDeletesetuju gan , penjual dan pembeli memang harus salinbg menguntungkan , makasih banyak buat infonya
ReplyDeleteyaa pembeli itu raja, disamping kepandaian dlm hal berbicara, kemampuan utk menilai dan menghargai org itu juga perlu bila ingin bisnis kita lancar
ReplyDeletewah ini mesti ditiru ini.. hehe thanks infonya
ReplyDeletehehe tetep aja ya pembeli adalah raja :D
ReplyDeletenice share
keren juga tutorialnya..
ReplyDeletesukses selalu yaa :)
salam kenal.......keren artikelnya
ReplyDeletesalam kenal....makasih infonya
ReplyDeletepenjual dan pembeli harus saling menghargai gan
ReplyDeletememang seharusnya begitu mas...kalau gx kyk gitu pembelinya juga kabur mas gx bakalan jadi pembeli setia
ReplyDeletemakasih banyak buat infonya, semoga sukses selalu gan
ReplyDeletemenjadi pemasar yg baik memang di butuhkan trust dari pelanggan,koneksi dengan konsumen layak di lakukan dengan memperlihatkan attitude yg baik agar konsumen mempunyai loyalitas terhadap kita.
ReplyDeleteterimakasih infonya,, moga bermanfaat ..
ReplyDeletemakasih infonya .
ReplyDeletemoga bermanfaat .
ok juga nih informasinya, karna kan pembeli adalah raja gan ., hehe
ReplyDeletesalam kenal.. semoga bermanfaat
ReplyDeletei feel very lucky can find this page..
ReplyDeletefinally i find something that i want to know..
thank you for this usefull informations..
keren juga nih informasinya , memang pembeli adalah sebagai raja gan
ReplyDeleteok juga nih informasinya, ni bagus bangat bagi para penjual, makasih banyak gan buat infonya
ReplyDeleteWuiihh.. Mantap nih infonya.. Hari ini kita belajar pada Joe Girald. Jarang loh ada orang berani bertanya balik pada seseorang yang menolaknya. Sikap ini patut diacungi jempol. Ini salah satu langkah untuk bisa behasil..
ReplyDeletesetuju mas, penjuala dan pembeli harus saling bijak sana gan , hehe, makasih banyak buat infonya
ReplyDeleteBetul gan... service emang nomor wahid...
ReplyDeletenice info gan...
btw nitip info donk.
pembeli itu adalah raja ganNN...,sbgai penjual sbaiknya kta mnghargai dan menghormati pmbeli tsb gannN...,serta maksimalkan plyanan planggan biar planggan dpt dtng lgi..
ReplyDeletemantaFF ganNN potingannya N trima kasihHH ya ganNN
makasih banyak nih buat infonya ,,memnga pembeli da mana pun dan bagai mana pun dia tetap raja bagi penjualnya
ReplyDeleteok juga tuh judul nya,,
ReplyDeleteapalagi isi nya,,
keren banget jadi termotivasi...
ilmunya sangat bermanfaat, gan. Memang masih luas ilmu sekitar pemasaran, makanya membahas satu topik nggak akan tuntas. Btw, artikel saudara dah nambah ilmu kita-kita juga
ReplyDeletewah, kebetulan saya ambil konsen marketing nih dikampus....
ReplyDeletenice story bro, bisa buat pelajaran bagi saya...
info yang sangat menarik, bisa dijadikan inspiratif...
ReplyDeleteInilah konsep marketing paling baik,,,,
ReplyDeletewis mantap bener nih gan informasinya, memang betul sekali gan , kalo penjual dan pembeli harus saling menghargai , hehehe
ReplyDeleteWah beruntung hari ini baca artikel ini. Niatnya mau caro blog do follow gak sengaja ketemu artikel yang sangat bermanfaat untuk saya terapkan dalam berdagang.
ReplyDeleteWah beruntung hari ini baca artikel ini. Niatnya mau caro blog do follow gak sengaja ketemu artikel yang sangat bermanfaat untuk saya terapkan dalam berdagang.
ReplyDeleteTerima kasih banyak gan atas artikelnya
bermanfaat banget nih infonya makasih ya
ReplyDeleteInspired story. Orang sukses melakukan hal yang tidak terpikirkan oleh orang biasa..
ReplyDeleteYapz...
ReplyDeletememang bener jika kita ingin sukses dalam perdagangan maka kita harus bijaksana dalam berjual..
tentunya menyenangkan klo kita bisa menjual dengan bijaksana,,,,
ReplyDeletekonsumen pun pasti merasa senang pula,,,
oh jadi sekarang ada ya yg namanya sale bijaksna?
ReplyDeletekaya baju ajj ..
hahah
postingan yg unik aja
I like the blog theme, it is attractive red colour.. You guys write well on article and so talented. I hope to see more article from you. Thanks for sharing.
ReplyDeleteprinsip seperti itu yang harus kita pakai untuk mendapat kan hasil yang lebih baik...
ReplyDeletememang ketika kita membeli sesuatu klw pelayan nya ketus,,,atau sikapnya yang kurang baik kita juga sbg pembeli jadi malas...belinya, semoga blog ini bermanfaat khususnya bg para penjual untuk lebih meningkatkan kwalitas pelayanan nya..
ReplyDeletethank atas infonya
salam kenal sukses selalu
bner juga nih..
ReplyDeletekita harus belajar bijaksana dan menyenangkan
mksih buat postingan nya
ya iyalah klw jadi pelayan memang harus sopan biar banyak pengujung
ReplyDeletedengan bijak nya .....
ReplyDeletebahasan yang sangat bagus untuk sebuah hasil yang lebih baik...
informasi dan sajian artikel yang sangat bagus...mudah mudahan kita bisa menjalaninya dengan baik amin...salam kenal dan semoga anda sehat sukses selalu amin...
ReplyDeletepostingan nya sangat ok banget,,,
ReplyDeletekita belajar bijkasana dan menyenangkan...
betul sekali gan , kita memberikan layanan kepada konsumen itu harus baik, karena dalam agama juga pembeli adalah raja, makasih banyak atas infonya
ReplyDeletesangat tepat karna pelayanan kita yang menentukan ke berhasilan.
ReplyDeleteSebuah pengalaman yang sudah sangat mempengaruhi cara pendekatannya dalam menjual mobil ketika ia sedang melayani seorang konsumen
ReplyDeleteprinsip seperti itu yang harus kita pakai untuk mendapat kan hasil yang lebih baik...
ReplyDeletesupaya kita dapat termotivasi..
hehe
mksih gan buat info nya
semoga kita dapat menyenangkan dalam mengerjakan sesuatu...
ReplyDeleteapalgi dalam dunia kerja..
nice post gan,,
Lakukan pendekatan,sehati,promosi baru hasil = beli .
ReplyDeletethanks to admin ..
layani pelanggan dengan sebaik baiknya, itu juga sudah cukup :)
ReplyDeletecipt buat infonya,,
ReplyDeletesalam kenal buat semuanya
dalam penjualan emang harus melayani dengan baik,,
ReplyDeletebiar konsumennya betah belanja di tempat kita
hehhehe
bner banget nih postingan nya,,,
ReplyDeletesemoga semua orang bijaksana...
setuju sekali gan, karena penjual dan pembeli itu harus saling menguntungkan juga,,,
ReplyDeletebagus sekali artikelnya, sangat menginspirasi
ReplyDeleteartikel yang inspiratif nih gan..jadi banyak belajar teri,makasih gan...
ReplyDeletenice artikel...
ReplyDeletesharing inspirasi!
bisa beljar dari pngalaman...
ReplyDeleteThis is a great article. I am pretty much impressed with your good work.You put really very helpful information. Keep it up.
ReplyDeletegood gan,,,
ReplyDeletesaya stuju
keren gan,,
ReplyDeletebner baget,,,
bner gan,,,
ReplyDeletesaya stuju dengan judul nya
Memberikan pelayanan terbaik termasuk memberikan informasi tentang produk kelebihan dan keunggulan dengan jujur,
ReplyDeletesaya setuju gan dengan postingan nya,,
ReplyDeletehehe
nice post gan,,,
terima kasih..
semoga kita bisa menyenangkan orang lain,,,
ReplyDeleteamin
asalkan kita bijaksana,,,
ReplyDeletepasti menyenangkan..
hehe
cipt setuju banget..
ReplyDeletesangat menyenangkan .hhehe
semoga kita dapat menyenangkan orang lain an,,,
ReplyDeletesemoga kita dapat bijaksna dlm menjual suatu barang,,,,
ReplyDeleteThe knowledge you provide is a real asset we have. Keep on posting such valuable articles. I like your way of describing style.
ReplyDeletewah hebat banget bisa menjual 1400an mobil dalam waktu 1 tahun :D strategy yg bener bener awesome!
ReplyDeleteboleh ditiru nih..
ReplyDelete"Promosikan dirimu sebelum promosikan produkmu", I like it.
ReplyDeleteprinsipnya emang harus kyak gtuu
ReplyDeleteklo menjualnya dengan wajah yang seram trus ga bsa senyum.. wahhh yang ada para pembelinya pada kaburrr
harus sebijaksana mungkin dalam mebelanja
ReplyDeleteok juga nih gan tinformasinya,semoga bermanfaat yah
ReplyDeletesetelah membaca dengan seksama informasi diatas, saya setuju dengan penulis :D
ReplyDeletekita memang harus sangat bijak dalam menjual produk atau jasa :)
kuncinya hanya kejujuran aja kalo pengen sukses.
ReplyDeletewah keren juga nih informasinya...
ReplyDeletedan bsa di jadikan contoh untuk para penjual yang lain..
bner tuh melakukan pelayanan nya harus baik sekali,makasih banyak buat infonya
ReplyDeletethanks for share
ReplyDeletemantap nie info nya makasih.......
ReplyDeleteya kalau mau sukses harus jujur apa lagi dalam jual beli'
ReplyDeleteYang sangat penting adalah membangun kepercayaan...
ReplyDeletemakasih nih inponya... bermanfaat sekaliii
ReplyDeleteterimakasih mas buat infonya, salam kenal aja mas,,,
ReplyDeleteartikel yg mnarik gan...
ReplyDeletesiip mas......
ReplyDeletenakasih y atas informasinya
info yg bguss mas,,,,,,
ReplyDeleteinspirasi baru nih,,,
ReplyDeletehehe
tulisan yang menarik bro, pengalaman dari seorang Joe Girald ini dapat menjadi inspirasi yang positif..
ReplyDeletetulisan yang menarik bro, pengalaman dari seorang Joe Girald ini dapat menjadi inspirasi yang positif..
ReplyDeletebijaksana dan menyenangkan, betul banget tuh, kalo gitu gak perlu di minta juga konsumen pasti kembali lagi..
ReplyDeletethanks banget atas infonya
Memberikan pelayanan terbaik itulah kelebihan dan keunggulan dalam marketing
ReplyDeleteJangna lupa jujur, sistematis dan tidak berbelit-belit he he
ReplyDeletewah setuju deh sama isi artikel juga alasannya...
ReplyDeletekuncinya pelayanan
bner bgt tuh gan,,,
ReplyDeletesaya stuju bgt tuh gan,,,
ReplyDeleteinfo yang sangat menarik ni sob
ReplyDeletethanks ya udah berbagi
terimakasih mas buat infonya, salam kenal aja mas,,,
ReplyDeletetutorial penjualan nya mantap bener mas , makasih mas
ReplyDeletethanks, i will focus on giving problem to my customer and good service to customer.
ReplyDeleteberi kesan pertama yang menyenangkan..
ReplyDeletewah ini mesti ditiru ini.. hehe thanks infonya
ReplyDeleteya kalau mau sukses harus jujur
ReplyDeletebgus juga nie info nya sangat bgus nie dan sangat menarik.......
ReplyDeletethanks for information n salam kenal
ReplyDeletemakasih info nya sangat menarik nie dan sangat bagus,dan salam kenal aja .......
ReplyDeletewihh mantap nih
ReplyDeletehhehhehe
slam kenal
sip mas..
ReplyDeletethanks infonya n salam kenal ja
memang mesti begitu,,nice artikel bro...!
ReplyDeletesekarang tuh emang dah jamannya gitu kalao g gitu ketinggalan..
ReplyDeletemakasih info nya sangat menarik salam kenal aja deh......
ReplyDeletemantap juga nie..........
ReplyDeletemakasih nih infonya... bermanfaat sekaliii
ReplyDeletesip mas..
ReplyDeletethanks infonya n good post n juga salam kenal ja
maksih nich informasinya
ReplyDeletehal yang harus di utamakn dalam proses jual beli hanyalah kejujuran dan kepercayaan..
ReplyDeletemksih gan atas infonya
iya bener tuh..kita harus mengedepankan pembeli..
ReplyDeletethanks ya atas infonya
bener banget tuh,,, pembeli adalah raja...kita harus memaksimalkan pelayanan kita terhadap konsumen agar si konsumen bisa puas dngan apa yang kita tawarkan,, siip deh.. thanks atas infonya..
ReplyDeletepenjualan yang baik adalah pelayanan yang baik thanks atas infonya
ReplyDeleteyah benar,,istilahnya jangan hanya memuaskan barang yang dijualnya saja tapi pelayanan juga harus dikedepankan,,
ReplyDeletethanks ni atas infonya..
bener banget tuh biar penjual dan pembeli sama sama menguntungkan
ReplyDeletevi yg paling diutamakn hanyalah kejujuran gan..
ReplyDeleteinfo yang sangat menarik,semoga bermanfaat.
ReplyDeletesip mas..
ReplyDeletethanks infonya
info nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,
ReplyDeleteceritanya bagus, inspiratif...
ReplyDeleteboleh juga nie info nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,
ReplyDeletekeren juga nih informasinya , memang pembeli adalah sebagai raja mas
ReplyDeleteserta jual belli jujur lakh yang di ridhoi allah,,,,thanks gan
ReplyDeleteartikelnya bisa jadi acuab bich buat kita ,,
ReplyDeletethanks gan
ane suka gan,,
ReplyDeletethanks artikelnya ,,
salam kenall,,okok
pelayanan dengan senyum juga bisa jd prioritas dalam memasarkan produk..thanks gan
ReplyDeletesallam knall ajje nichh,,
ReplyDeletethanks sharenya,,
sip sip sip sallutte buad admin,,
ReplyDeletethanks postingannya
thanks bwt infonya...
ReplyDeletenice share...
sip mas..
ReplyDeletesalam kenal n thanks for share nya
iya,,dalam menjual kita bukan hanya memenuhi keinginan si pembeli tapi kita harus memuaskan pembeli dengan pelayanan yang baik agar si pembeli terkesan dan puas ...
ReplyDeletesiip mas......
ReplyDeletenakasih y atas informasinya
Apapun pasti bisa kita raih asal kita tulus melakukannya..
ReplyDeletemantap juga nie info nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,,
ReplyDeleteiya,kalau kita mau memjual pada konsumen diusahakan barangnya dapat memuaskan konsumen..
ReplyDeletesangat bermanafaat sekalii
ReplyDeletesukses selalu yaa :)
lam kenal
setuju,,,dalam menjual kita harus bijaksana dan tentunya menyenangkan,,itu akan membuat konsumen tertarik,,
ReplyDeletesip mas..
ReplyDeletethanks infonya n salam kenal aj
Semua yang dilakukan dengan senang pasti akan membuahkan hasil yang maksimal
ReplyDeleteThanks sharingnya
ReplyDeletesalam kenal ga ya,,
ReplyDeleteGreat! Well, I admire the precious time and effort you put into it, especially into interesting articles you share here! It was very interesting..
ReplyDeletemakasih masbro,, atas ilmunya,... :)
ReplyDeletemakasii kakk atas sharenya
ReplyDeletePrinsip yang pernah saya dapatkan ketika menjadi seorang sales force. MELAYANILAH DENGAN HATI !! Hasilnya akan luar biasa
ReplyDeletePembeli adalah raja. Thx yah sharenya :)
ReplyDeletesetuju nih :D
ReplyDeletekalau gak kayak gitu, pada kapok dong pelanggannya.. hehehe
pembeli bisa percaya kalau layanan kita memuaskan,,,
ReplyDeletesemoga semua orang bijaksana dlm menjual :D
ReplyDeletenice post gan :D
ReplyDeleteSetuju Gan.
ReplyDeletethanks informasinya.
ReplyDeleteok gan..... saya stuju sekali
ReplyDeleteMantap gan. Sukses terus ya. Sukses terus ya..
ReplyDeleteSalam kenal ya.
Pabrik Tas Jakarta
saya suka menyenangkan orang lain :D
ReplyDeletedan di perlukan juga kejujuran
ReplyDeleteIts a really general and nice one to understand things properly please keep posting sill more nice blogs
ReplyDeletetks gan info nya
ReplyDeletenice post a like
ReplyDeletesmua harus menjual dan menyenangkan orang bener gk ?
ReplyDeleteitu memang wajib mas, kita harus menjual secara ramah dan bijaksana :)
ReplyDeletethanks infonya yaa..
pembeli adalah raja, dan wajib dilayani secara istimewa :)
ReplyDeletesetuju sekali gan
ReplyDeleteharus menjadi penjual bijaksana klo mau maju
ReplyDeleteijin sedot informasi gan
ReplyDeleteblogwalking gan
ReplyDeletesuka sekali dengan postingan anda
ReplyDeletejalan2 ketemu blog yang keren satu ini
ReplyDeleteSemua harus dilakukan dengan menyenangkan dan bijaksana
ReplyDeletesetuju gan,,,menjual dengan bijaksana itu membuat para pelanggan atau konsumen akan puas dengan pelayannn kita,,
ReplyDeletewah makasih gan :)
ReplyDeletebanyak juga yang komentar ikutan......
ReplyDeletedalam suatu perusahaan pemasaran yang sangat penting....
ReplyDeletewah mantabs bin azip bangets gan postinganya yang sangat insfiratif dan sangat memotifasi, ana jadi terinsfirasi untuk mengikuti jejak si penjual mobil yang sukses karena belajar dari suatu kesalahan dan mengoreksi diri agar jadi lebih baik di kemudian hari...terimakaih gan atas postinganya yang sangat bermanfaat ..salalm kenal dan sukses selalu
ReplyDeleteSaya setuju sama artikel diatas..
ReplyDeleteemang penting banget menjual sesuatu dengan bijaksana dan menyenangkan!!
pasti pembeli akan merasa puas dengan pelayanan kita, jika kita ramah terhadap pembeli tersebut.
makasih ya gan :)