Monday 20 July 2009

Kisah Sukses Ray Kroc dengan McDonald's

Blok Info - Postingan kali ini saya mencoba memasukkan kisah sukses dari Ray kroc yang sukses dengan McDonaldnya, semoga menjadi inspirasi buat kesuksesan anda semuannya.

Ray Kroc hanya sekolah sampai usia 14 tahun, meski adiknya justru jadi dokter spesialis. Setelah lima kali ganti pekerjaan, Kroc akhirnya menjadi salesman gelas kertas yang dijalani dari pukul 07.00 pagi hingga 15.00 sore.

Dari 15.00 hingga 02.00 subuh Kroc menjadi pemain piano di sebuah orkestra. “Aku memang menginginkan kehidupan yang berkecukupan dan mapan,” katanya. “Karena itu, aku harus bekerja keras. Sangat keras!”

Dari 07.00 s/d 15.00 ada 8 jam. Dari 15.00 s/d 02.00 ada 11 jam. Jadi, Kroc harus bekerja 8+11 jam=19 jam. Berarti pula Kroc hanya tidur 4-5 jam setiap hari!


Wajar kalau Kroc akhirnya menderita banyak penyakit: gula, rematik, kehilangan sebagian kantung empedu, kelenjar gondok dan lainnya. Tapi demi ambisi besar, semua penyakit itu tidak dia hiraukan!

Ray Kroc lantas tertarik mencari kekayaan di El Dorado, Miami. Dia pun pergi kesana, lalu jadi salesman real estate untuk WP Morgan & Son.

Kembali Kroc sukses. Tapi bisnis real estate itu segera pudar, bahkan tidak menguntungkan. Kroc kembali ke Chicago lagi, dan kembali menjadi salesman kertas. Dari usia 25 hingga 35 tahun, Kroc menjadi salesman gelas kertas yang paling jago, sehingga dapat bonus mobil. Tapi perusahaan guncang, sehingga semua pegawai harus dipotong gajinya, atau diturunkan. Kroc protes keras, karena dia merasa menjadi penghasil keuntungan besar bagi perusahaan, tapi kenapa harus diturunkan gajinya.

Tak ada kompromi, Kroc pun keluar. Bos nya berpikir sepuluh kali, dan akhirnya membenarkan Kroc, dia penghasil keuntungan terbesar. Kalau dia pergi, perusahaan justru yang akan rugi. Kroc diterima lagi dengan gaji utuh, tidak termasuk yang dipotong!

Sampai akhirnya Kroc bertemu Earl Prince yang menghasilkan alat Multi Mixer yang sangat bermanfaat, khususnya untuk penjual es krim. Kroc menjadi agen tunggalnya, dengan pembagian keuntungan 50:50. Kembali Kroc menunjukkan diri sebagai salesman ampuh. Dia mampu menjual 8.000 unit Multi Mixer!

Salah satu langganan Kroc adalah McDonald bersaudara, Maurice dan Richard, yang menjual hamburger. Ketika Kroc berkesempatan bertemu langsung dan melihat restoran McDonalad, dia kaget: restoran itu tidak memadai. Luasnya hanya 20 meter persegi. Keadaannya tidak begitu mengesankan, meski pembelinya banyak. “Kenapa tidak membuka restoran semacam ini di tempat lian?” tanya Kroc. Tujuannya hanya agar Multi Mixer nya makin laku. “Mengurus sebuah restoran saja sudah repot. Menambah tempat berjualan berarti menambah kerepotan. Dan lagi siapa yang akan membuat tempat baru itu bagi kami?” tanya McDonald. “Bagaimana kalau saya saja?” tantang Kroc. “Setuju.” Mereka pun kemudian membuat kontrak.

Kontrak itu menyebutkan: Kroc akan menerima 1,9 persen dari penjualan kotor setiap toko (franchise). Kroc juga akan menerima 950 dolar dari setiap franchise yang dibangun. Kontrak itu berlaku selama 10 tahun. Tapi karena perkembangannya bagus kontrak itu diubah menjadi: berlaku selama 99 tahun!

Mulailah `kisah ajaib` McDonald. Satu demi satu restoran McDonald dibangun. Ray Kroc menetapkan persyaratan: setiap toko menjual hamburger sama besarnya, sama rasanya, sama bersih tempatnya, juga sama bagus pelayanannya. Toko kedua dibangun, dan sukses. Ditambah 8 toko baru. Eh, sukses juga.

Ray Kroc mulai berpikir: toko-tokonya itu sukses, tapi bukan dia pemiliknya. Karena itu Kroc mengontak McDonald bersaudara, untuk `membeli` kontraknya. McDonald menyebut angka 2.700.000 dolar. Kroc hampir pingsan. Dia tak mungkin bisa mengumpulkan uang sebanyak itu. Tapi melihat prospeknya, Kroc merasa `harus berani membayar seperti yang diminta McDonald bersaudara.` Caranya: utang!

Kroc memperkirakan, utangnya baru akan lunas pada 1991. Eh, ternyata pada 1972 semuanya sudah beres! Lunas. Berarti McDonald kini milik Kroc seorang. Kroc makin menggila dalam menjual `McDonald` nya. Dan benar, pada 1977 saja, sudah tergelar 4.177 restoran McDonald di seluruh AS dan 21 di luar negeri. Saat itu total penjualan mencapai 3 miliar dolar! Ray Kroc, yang hanya sekolah sampai usia 14 tahun, akhirnya mencapai cita-citanya menjadi orang kaya. Jadi jutawan dolar atau miliarder dalam rupiah. Dan siapa sangka sekarang setiap 4 menit sekali ada satu gerai McDonald dibuka di dunia!!!

Bagaimanapun keadaan anda hari ini, jika anda mempunyai VISI yang besar dan jelas, dan anda benar2 berkomitmen untuk mewujudkannya, maka apapun bisa terjadi.


18 comments:

  1. Firstly your site is great and have a lot of information that i want.

    Actually I have writing a blog about computer(http://computerblog-gab.blogspot.com) and my PR is 0. Now I attempt to increase my PR so i need to change link with you.

    if you interested with my link exchange offer, plz contact me on :-

    gabantiv@yahoo.com

    I would appreciate if you deign to exchange link with me.

    Thank you.

    ReplyDelete
  2. mantap so inspired..

    memang pantang menyerah dan tetap berusaha akan apa yg kita impikan itu perlu agar smua yg kita impikan tercapai...nice info gan....

    ReplyDelete
  3. menarik ceritanya...bisa di jadikan sumber inspirasi

    ReplyDelete
  4. cerita kesuksesan seseorang memang menarik untuk disimak...bisa dijadikan bahan pelajaran dlam hidup kita...entah itu sewaktu jaya ataupun saat kesusahan

    ReplyDelete
  5. hmmm...so interesting...cerita kesuksesan seseorang memang menarik di baca...tp jgn lupa, mereka jg pnh merasakan kesusahan

    ReplyDelete
  6. Tully has put abettor Coach bags
    and men's Coach Bonnie
    in allegation of accepting the Flames accessible for Thursday's aperture match. The Coach Wristlet
    was sitting on a couch in the basement of her row house. One of the athletes asked with a beam if the Coach Ergo
    was expecting.

    ReplyDelete
  7. April brings account about developments in a adventure for advantageous Christian Louboutin
    , a lot of specialists would altercate that " healthy Christian Louboutin Pumps
    " is an adumbration – a aggregate of adverse words. Wearers apperceive that Christian Louboutin Sandals
    aberration the big toe. Even Christian Louboutin Boots
    of the added abstaining affectionate –can ruin a day.

    ReplyDelete
  8. bila kita niat, jejak nya akan kita tiru..

    ReplyDelete
  9. artikel yang bagus, dan terima kasih sudah berbagi infonya.

    Grand poker99 adalah, poker asia dan poker poker online indonesia,
    yang Menjunjung tinggi Fair Play dan sportifitas. Karena kenyamanan anda adalah Prioritas bagi Kami.

    poker99
    poker online indonesia
    poker online indonesia terpercaya
    pokerace99
    poker online indonesia
    poker asia
    poker88
    poker 88 asia
    dewapoker
    pokerace
    pokercc

    ReplyDelete

Powered By Blogger

Followers