Friday 6 November 2009

Tips Membuat Toko Online (Online Store)

Mungkin sobat semua pernah mendengar yang namanya Amazon.com, e-bay.com atau lainnya. Situs itu merupakan situs yang telah sukses malang melintang di dunia persilatan “eh salah” dunia e-commerce dengan menjadi situs toko online terbesar dan tersukses yang pernah ada. Mereka dalam menjalankan bisnisnya itu tidaklah langsung besar seperti sekarang ini dan mereka juga pastinya pernah mengalami masa sulit dalam memulai menjalankan bisnis mereka itu. Maka melihat kesuksesan mereka tersebut tentunya menjadi inspirasi dan juga pedoman bahwa peluang berbisnis di dunia internet ini sangatlah luas sehingga tidak ada salahnya kita mencoba.

Dan Jika kita memang serius ingin memulai sebuah bisnis dengan berjualan secara online sekaranglah saatnya karena banyak sekali kelebihan yang bisa kita dapat apabila kita berjualan dengan cara online selain modalnya murah, toko kita ini akan terus buka 24 jam sehari 7 hari seminggu dan pembeli kita dapat datang dari seluruh dunia.

Berikut Tips yang saya peroleh dari para senior yang mungkin telah sukses menjalankan bisnis ini “jangan ikutin saya karena saya baru mau mencobanya” hehehe….



1. PEMILIHAN TEMPAT:

A. Gratisan

Kita bisa memulai bisnis ini dengan menggunakan tempat atau media yang menyediakan fasilitas gratisan seperti blogger.com (blogspot), multiply.com, wordpress.com. Awal mulanya fasilitas gratis ini adalah tempat kegiatan blogging pada umumnya seperti berbagi cerita dan foto. Namun, seiring perjalan waktu banyak juga yang memanfaatkannya untuk kegiatan jualan. Memakai fasilitas ini cenderung mudah, bahkan sudah tersedia template tampilan yang lumayan banyak dan menarik.

B. Berbayar

Saat ini sudah banyak penyedia jasa layanan toko online dengan biaya mulai Rp 500.000 per tahun dan bisa diperpanjang lagi. Harga tersebut sudah termasuk pembelian nama domain serta hosting selama setahun serta pelatihan maintenance.

Dengan mempergunakan layanan berbayar ini toko online kita akan terlihat lebih serius dan professional dengan memakai alamat dan tampilan sesuai yang kita inginkan.

2. MEMILIH NAMA

Pilihlah nama domain dengan kata kunci yang mudah diingat dari target jualan toko online anda. Dengan memakai kata kunci yang tepat maka toko online kita akan mudah terindeks di mesin pencari seperti Google atau Yahoo sehingga mudah ditemukan pengunjung. Misalnya saja Anda menawarkan produk tas sekolah, pilih saja nama www.tassekolah.com.

3. BUATLAH ATURAN

Buatlah aturan dan tata cara belanja secara jelas dan mudah dipahami oleh calon pembeli seperti aturan pemesanan, pembayaran, dan pengiriman.

4. PASANG ALAMAT

Pasanglah alamat Anda, e-mail, dan nomor telepon yang bisa dihubungi dengan jelas. Bila perlu pasang foto Anda untuk lebih meyakinkan.

5. DAFTAR INTERNET BANKING

Pilihlah rekening bank yang memiliki jaringan nasional dan daftarkan rekening pembayaran toko Anda dengan fasilitas internet banking untuk memudahkan kontrol pembayaran dari pembeli produk Anda.

6. PENGIRIMAN

Kemas barang pesanan dengan memperhatikan segi keamananan. Pastikan barang tidak rusak sampai tujuan. Pilihlah jasa pengiriman yang terpercaya dan murah. Simpan nota/resi pengiriman untuk kontrol pengiriman.

STRATEGY MENINGKATKAN PENGUNJUNG & PEMBELI
1. Lakukan promosi online melalui media-media iklan baris baik yang gratis maupun berbayar.
2. Bertukar link banner dengan sesama toko online.
3. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas online.
4. Lakukan promosi offline dengan memanfaatkan kendaraan Anda atau teman, seragam kerja karyawan, kop surat, amplop, nota, kartu nama, hadiah/souvenir, dll. dengan memasang nama toko online Anda.
5. Berikan pengetahuan produk serta deskripsi produk dengan detail, jelas dan meyakinkan pengunjung untuk membeli. Tampilkan foto-foto produk semenarik mungkin.
6. Berikan penawaran-penawaran yang fantastik seperti potongan harga, hadiah, dll.

31 comments:

  1. Tips yaang bagus sob... seharusnya begitu yah.. kadang kita2 ingin langsung besar dan sukses dg cara instan aja..

    ReplyDelete
  2. Makasih atas infonya nih.. semoga sukses dengan toko ol nya

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. artikel yang menarik…nambah ilmu baru nih..



    http://hulkwebhost.com

    ReplyDelete
  5. Makasih atas tipsnya untuk poin No 5 DAFTAR INTERNET BANKING. memang itu sangat perlu dalam menjalankan bisnis online

    ReplyDelete
  6. Artikel yang sangat mencerahkan. Saya sangat tertarik dengan artikel ini

    ReplyDelete
  7. anda juga bisa membuat toko online difacebook, mengingat jumlah pengunjung facebook setiap tahun semakin meningkat ini bisa menjadikan pasar yang luas untuk memulai toko online

    sekalian numpang promosi mas :
    http://infoduniaini.blogspot.com/2011/11/jual-akun-facebook-dengan-5000-friend.html

    ReplyDelete
  8. nambah ilmu lagi nich...
    makasih ya!!

    ReplyDelete
  9. Trimaksih gan infonya, mantap triknya. memang untuk bisa mnjadi nomor 1 di google untuk bisnisa online diperlukan teknik khusus agar toko online tersebut banyak dikunjungi orang, intinya sabar dan jangan putus asa untuk promosi.

    ReplyDelete
  10. Apapun, termasuk jualan online, yang namanya usaha modal utama tetap kesiapan dan konsistensi untuk terus berusaha..saya punya beberapa toko online, tp jika tidak dikelola dengan baik, tekun..hanya sekedar sampingan akhirnya jadi kesamping terus, ngak maju-maju..

    ReplyDelete
  11. kunci sukses memang bekerja keras dan bersabar, semangat!

    ReplyDelete
  12. Bersabar tapi "Ojo nrimo ing pandum" berusaha dan berjuang

    ReplyDelete
  13. Terima kasih atas info. Keberhasilan toko.

    ReplyDelete
  14. sukses terus ea, infonya sangat kerennn...

    ReplyDelete
  15. saya pakainya Wordpress Gan,Kalo pake blogger takut dihapus google...

    ReplyDelete
  16. Wahh..... Tapi Kalo blm SEO Gk enak gan,sama saja bohong kalo buat toko online tpi gk ada seonya -_-

    ReplyDelete
  17. Web Anda Simple,Tpi artikel2nya bermanfaat semua...thanks ya gan. Good ..

    ReplyDelete
  18. mantaapp artikelnya makin bermanfaat aja nieh !

    ReplyDelete
  19. Sukses Teruss Ya Gan.. Semoga Sukses

    ReplyDelete
  20. Ane juga lagi nyoba bikin toko online gan...Yah...mau bisnis apa lagi..adsense udah di-banned...Nyoba keberuntungan aja..

    ReplyDelete
  21. Sama gan sama yg di atas...Ane min amazon kena banned juga..Pusing dah...Ane denger online shop banyak untungnya..Ane coba aja deh..

    ReplyDelete

Powered By Blogger

Followers