Sunday 7 March 2010

Health Info: Penyakit Jantung Dan Stroke Serta Pencegahannya

Pagi Sobat, Aku nemu artikel bagus nih. Buat yang takut ama penyakit jantung jangan lupa di baca yah :)

Penyakit jantung dan stroke merupakan sosok penyakit yang sangat menakutkan. Bahkan sekarang ini di Indonesia penyakit jantung menempati urutan pertama sebagai penyebab kematian.

Penyakit jantung dan stroke sering dianggap sebagai penyakit monopoli orang tua. Dulu memang penyakit-penyakit tersebut diderita oleh orang tua terutama yang berusia 60 tahun ke atas, karena usia juga merupakan salah satu faktor risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Namun sekarang ini ada kecenderungan juga diderita oleh pasien di bawah usia 40 tahun. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan gaya hidup, terutama pada orang muda perkotaan modern.

Ketika era globalisasi menyebabkan informasi semakin mudah diperoleh, negara berkembang dapat segera meniru kebiasaan negara barat yang dianggap cermin pola hidup modern. Sejumlah perilaku seperti mengkonsumsi makanan siap saji (fast food) yang mengandung kadar lemak jenuh tinggi, kebiasaan merokok, minuman beralkohol, kerja berlebihan, kurang berolah raga, dan stress, telah menjadi gaya hidup manusia terutama di perkotaan. Padahal kesemua perilaku tersebut dapat merupakan faktor-faktor penyebab penyakit jantung dan stroke.



Faktor-Faktor Risiko Penyakit Jantung & Stroke

Ada berbagai macam penyakit jantung, namun penyakit jantung yang umumnya ditakuti adalah jantung koroner karena menyerang pada usia produktif dan dapat menyebabkan serangan jantung hingga kematian mendadak. Penyebab penyakit jantung koroner adalah adanya penyempitan dan penyumbatan pembuluh arteri koroner.
Penyempitan dan penyumbatan pembuluh arteri koroner disebabkan oleh penumpukan dari zat-zat lemak (kolesterol, trigliserida) yang makin lama makin banyak dan menumpuk di bawah lapisan terdalam (endotelium) dari dinding pembuluh nadi. Hal ini mengurangi atau menghentikan aliran darah ke otot jantung sehingga mengganggu kerja jantung sebagai pemompa darah. Efek dominan dari jantung koroner adalah kehilangan oksigen dan nutrient ke jantung karena aliran darah ke jantung berkurang. Pembentukan plak lemak dalam arteri akan mempengaruhi pembentukan bekuan darah yang akan mendorong terjadinya serangan jantung.

Ada empat faktor utama penyebab penyakit jantung, yaitu :

1. merokok terlalu berlebihan selama bertahun-tahun
2. kadar lemak darah (kolesterol) yang tinggi
3. tekanan darah tinggi
4. penyakit kencing manis

Seperti halnya penyakit jantung, stroke juga erat kaitannya dengan gangguan pembuluh darah. Stroke terjadi karena ada gangguan aliran darah ke bagian otak. Bila ada daerah otak yang kekurangan suplai darah secara tiba-tiba dan penderitanya mengalami gangguan persarafan sesuai daerah otak yang terkena. Bentuknya dapat berupa lumpuh sebelah (hemiplegia), berkurangnya kekuatan sebelah anggota tubuh (hemiparesis), gangguan bicara, gangguan rasa (sensasi) di kulit sebelah wajah, lengan atau tungkai.

Faktor-faktor risiko untuk terjadinya stroke mempunyai kesamaan dengan faktor risiko penyakit jantung, yaitu :

• Merokok
• Hipertensi
• Kadar lemak darah tinggi
• Diabetes mellitus
• Gangguan pembuluh darah/jantung
• Tingginya jumlah sel darah merah
• Kegemukan (obesitas)
• Kurang aktifitas fisik/olah raga
• Minuman alcohol
• Penyalahgunaan obat (Narkoba)

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke dengan Pola Hidup Sehat

Upaya pencegahan untuk menghindari penyakit jantung dan stroke dimulai dengan memperbaiki gaya hidup dan mengendalikan faktor risiko sehingga mengurangi peluang terkena penyakit tersebut.

Untuk pencegahan penyakit jantung & stroke hindari obesitas/kegemukan dan kolesterol tinggi. Mulailah dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, padi-padian, makanan berserat lainnya dan ikan. Kurangi daging, makanan kecil (cemilan), dan makanan yang berkalori tinggi dan banyak mengandung lemak jenuh lainnya. Makanan yang banyak mengandung kolesterol tertimbun dalam dinding pembuluh darah dan menyebabkan aterosklerosis yang menjadi pemicu penyakit jantung dan stroke.

Berhenti merokok merupakan target yang harus dicapai, juga hindari asap rokok dari lingkungan. Merokok menyebabkan elastisitas pembuluh darah berkurang, sehingga meningkatkan pengerasan pembuluh darah arteri, dan meningkatkan faktor pembekuan darah yang memicu penyakit jantung dan stroke. Perokok mempunyai peluang terkena stroke dan jantung koroner sekitar dua kali lipat lebih tinggi dibanding dengan bukan perokok.

Kurangi minum alkohol. Makin banyak konsumsi alkohol maka kemungkinan stroke terutama jenis hemoragik makin tinggi. Alkohol dapat menaikan tekanan darah, memperlemah jantung, mengentalkan darah dan menyebabkan kejang arteri.

Lakukan Olahraga/aktivitas fisik. Olahraga dapat membantu mengurangi bobot badan, mengendalikan kadar kolesterol, dan menurunkan tekanan darah yang merupakan faktor risiko lain terkena jantung dan stroke

Kendalikan tekanan darah tinggi dan kadar gula darah. Hipertensi merupakan faktor utama terkena stroke dan juga penyakit jantung koroner. Diabetes juga meningkatkan risiko stroke 1,5-4 kali lipat, terutama apabila gula darahnya tidak terkendali.

Hindari penggunaan obat-obat terlarang seperti heroin, kokain, amfetamin, karena obat-obatan narkoba tersebut dapat meningkatkan risiko stroke 7 kali lipat dibanding dengan yang bukan pengguna narkoba.

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke dengan Tumbuhan Obat

Beberapa jenis tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke mempunyai efek melancarkan sirkulasi darah dan sebagai antikoagulan yaitu mencegah penggumpalan darah, karena penyakit jantung dan stroke penyebab utamanya adalah gangguan pada pembuluh darah.

Beberapa jenis tumbuhan Obat dan bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi Penyakit Jantung dan Stroke antara lain :

1. DAUN DEWA (Gynura segetum)
Efek farmakologis : sebagai anticoagulant, mencairkan bekuan darah, melancarkan sirkulasi darah dan membersihkan racun.

Bagian yang dipakai adalah daun dan umbinya. Dosis yang dianjurkan yaitu 15-30 gram daun segar dan 6-10 gram umbinya.

2. MENGKUDU (Morinda citrifolia)
Khasiat ; menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol dan kadar gula darah tinggi. Khasiat tersebut dapat mencegah risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Dosis : 2-3 buah yang matang.

3. BAWANG PUTIH (Allium sativum)
Efek : melancarkan sirkulasi darah, antikoagulan (mencegah pembekuan darah), menurunkan kolesterol darah, menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan menambah sistem kekebalan.

4. BAWANG BOMBAY (Allium cepa)
Berkhasiat mencegah pengumpalan darah, menurunkan kadar lemak darah, menurunkan kadar gula darah dan menurunkan tekanan darah.

5. JAMUR KUPING HITAM (Auricularia auricula)Khasiat/efek : Mencegah stroke dan pendarahan otak, baik untuk jantung dan pembuluh darah.

6. RUMPUT LAUT (Laminaria japonica)
Khasiat : mencegah penyempitan pembuluh darah, menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

7. TERUNG UNGU (Solanum melongena L.)
Khasiat : mencegah aterosklerosis (penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah), mencegah meningkatnya kolesterol darah, menurunkan ketegangan saraf.

8. JANTUNG PISANG
Khasiat : Mencegah stroke dan pendarahan otak, baik untuk jantung dan pembuluh darah.

9. BUNGA MAWAR (Rosa chinensis)
Khasiat/efek : melancarkan sirkulasi darah, menetralkan racun. Dosis pemakaian: 3-10 g bunga kering.

10. SIANTAN (Ixora stricta Roxb.)
Khasiat: mengecilkan bekuan darah, menurunkan tekanan darah. Dosis pemakaian : 10-15 g bunga.

Referensi: Yayasan Jantung Indonesia, http://id.inaheart.or.id/?p=49




71 comments:

  1. semoga aja terhindar dari penyakit ini.......

    ReplyDelete
  2. karena tulisan ini sangat penting dan tidak bisa klo hanya dibaca sepintas lalu, maka aq ijin save as ya mas?

    Berkunjung menjalin silaturahmi

    salam kenal

    Andrik Sugianto

    ReplyDelete
  3. Silahkan saja di Save Mas... semoga berguna.

    Tq

    ReplyDelete
  4. wah, artikel yg sangat bermanfaat buat nambah2 pengetahuan ttg kesehatan. thanks sob buat sharingnya. btw, keseringan nonton film horor jg bs jd penyakit jantungan kyk nya hihihihihi :p...

    ReplyDelete
  5. makan makanan yg sehat, berolah raga teratur adalah sedikit kunci menjaga kesehatan. makasih sharing nya bro. buat nambah pengetahuan...

    ReplyDelete
  6. ada temen saya punya thyroid, dia blg sih ada kadang2 dia merasa ngaruh ke jantung nya lho

    ReplyDelete
  7. harus say goodby ke makanan enak dunk, hikz...

    ReplyDelete
  8. Great Insight Dinikmati membaca blog Anda. Harapan untuk melihat beberapa barang dari Anda di masa depan.

    ReplyDelete
  9. Makasih infonya sob.. jadi tahu cara mencegahnya penyakit jantung ama stroke nih

    ReplyDelete
  10. Halah jadi gitu ya mesti dikurangi juga beberapa makanan kesukaanku ini

    ReplyDelete
  11. Halah barusan abis dari rumah temen yg wafat karena jantung hehe.. padahal dia sedang tenis meja.. langsung ngelepek ..

    ReplyDelete
  12. Wah kalau Daun dewa kebetulan banyak nih dipinggir rumah dulu pernah nanam dan sekarang dah berkembang banyak n pada minta tuh

    ReplyDelete
  13. informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan..terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
  14. kata orang stroke itu penyakit keturunan ya

    ReplyDelete
  15. kesehatan yg bagus itu sulit di dapat, apalagi biaya rumah sakit makin meroket. kr itu harus di jaga dengan baik. makasih sharing nya sob

    ReplyDelete
  16. sekedar kunjungan...

    menyapa sobat sobat kita

    keep posting and happy blogging

    ReplyDelete
  17. akhirnya selei juga bacanya, lumayan panjang bos and makasih tuk infonya salam kenal dari ''Mamas''

    ReplyDelete
  18. Informasinya sangat berguna sekaligus menakutkan saya, karena saya perokok berat....mohon informasi mengenai mengatasi kecanduan merokok Sobat.

    Salam Sahabat

    ReplyDelete
  19. semoga kita sehat selalu baik sehat fisik maupun sehat batin

    ReplyDelete
  20. waduh gawat nih saya perokok. ternyata banyak tumbuhan/buah yang bisa digunakan untuk mencegah sakit jantung. terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete
  21. Thanks share ilmunya, salam kenal

    ReplyDelete
  22. huff, untung saya bukan perokok apalagi peminum alkohol, jarang juga makan makanan siap saji..
    hahaha

    ..tapi jarang olahraga, jarang makan sayur, sering makan daging, ngemil, stres..
    yah sama aja..

    mesti nyoba idup sehat nih, thx infonya ya :D

    ReplyDelete
  23. klu penyakit jantung lemah tuh gmn pencegahanya?soalnya udah dari bawaan kan?

    ReplyDelete
  24. Makasih infonya, jadi tahu tentang penyakit jantung dan stroke serta pencegahannya.

    ReplyDelete
  25. pertama mampir kesini salam kenal mas..
    wah informasinya lengkap sekali, penyampaianya cukup sederhana. penyakit jantung dan stroke memang penyakit yang menakutkan, lebih baik mencegah daripada mengobati...

    Sukses Slalu!

    ReplyDelete
  26. makasih infonya...

    jantung & stroke memang bahaya

    ReplyDelete
  27. Hehehe.... thanks buat komennya

    ReplyDelete
  28. informasinya sangat bermanfaat, terutama untuk gaya hidup perkotaan yg rentan dengan kesehatan jantung

    ReplyDelete
  29. Looking at the attractive Louboutin Shoes
    , I smiled. Since then, Christian Louboutin Pumps
    became a best acquaintance of mine. Christian Louboutin is actual acknowledged in the breadth of Christian Louboutin Sandals
    . The Christian Louboutin Boots
    which are advised by him are so special.

    ReplyDelete
  30. Naruto anime complete album can be encountered here, free download without registration, free download without paying, free download without loading enter in your music player and listen wherever you are and feel the spirit flows in you

    ReplyDelete
  31. Naruto anime complete album can be encountered here, free download without registration, free download without paying, free download without loading enter in your music player and listen wherever you are and feel the spirit flows in you

    ReplyDelete
  32. Naruto anime complete album can be encountered here, free download without registration, free download without paying, free download without loading enter in your music player and listen wherever you are and feel the spirit flows in you

    ReplyDelete
  33. Naruto anime complete album can be encountered here, free download without registration, free download without paying, free download without loading enter in your music player and listen wherever you are and feel the spirit flows in you

    ReplyDelete
  34. Naruto anime complete album can be encountered here, free download without registration, free download without paying, free download without loading enter in your music player and listen wherever you are and feel the spirit flows in you

    ReplyDelete
  35. Wah.. thanks beraaaaaaaaaaat mass infonya. .. .. .. ini yang saya cariiiii

    ReplyDelete
  36. Artikel yang sangat mencerahkan. Saya sangat tertarik dengan artikel ini

    ReplyDelete
  37. Thanks gan infonya bagus, buat tambah2 wawasanku tentang stroke....

    ReplyDelete
  38. wow, menakutkan nih, jd takut untuk merokok lagi, keren postnya om, thanks

    ReplyDelete
  39. Info bagus... karena stroke mejadi penyakit yang sering kita temukan disekitar kita, sehingga bisa membantu

    ReplyDelete
  40. penyakit jantung, jadi momok menakutkan para lansia skg..

    ReplyDelete
  41. aq sering mengalami sakit-sakit seperti ini.. sungguh tidak mengenakkan..

    ReplyDelete
  42. Baru tau nih bunga mawar berkhasiat melancarkan darh. Kalo gitu bisa mengurangi stroke dong ya..

    ReplyDelete
  43. Thanks, Artikel yang sangat mencerahkan. Review too my blog.

    ReplyDelete
  44. Artikelnya bagus dan banyak manfaatnya. Dan juga mungklin pola hidup yang sehat dari itu semua.

    ReplyDelete
  45. Lebih baik mencegah dari pada mengobati mari berdayakan 3G yaitu:

    Giat olahraga secara tratur dan benar
    Gerakan hidup sehat sesuai pedoman
    Gemakan nasihat anti roko sekarang juga

    mudah2an terhindar dari penyakit jantung dan stroke.. betul tidak????

    ReplyDelete
  46. lbh baik mencegah daripada mengobati..

    ReplyDelete
  47. hmm, penderita obesitas bnyk terkena serangan jntung..

    ReplyDelete
  48. saya setuju tuh, lebih baik mencegah daripada mengobati :)

    ReplyDelete
  49. A collection system inside the techniques used by the internet to locate employment, a web internet search engine from malaga position, working from home, blogging Reference to buy or sell, seen on the internet and with direct access. On the Internet every thing can be done, you'll find this and assistance to achieve this.

    ReplyDelete
  50. pola makan menjadi penyebab utama timbulnya penyakit jantung di usaia muda,,kini telah ada cara praktis untuk mambantu mengobati penerita jantung koroner dengan obat dari bahan kulit manggis dan daun sirsak

    ReplyDelete
  51. Makan makanan yang sehat dan bergizi dan pola hidup yang sehat

    ReplyDelete
  52. With havin so much content and articles do you ever run into
    any issues of plagorism or copyright infringement?
    My site has a lot of completely unique content I've either authored myself or outsourced but it looks like a lot of it is popping it up all over the web without my permission. Do you know any methods to help prevent content from being ripped off? I'd genuinely appreciate it.


    Look into my web page :: Social Bookmarking Service
    Also see my page :: Social Bookmarking service

    ReplyDelete
  53. Very nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your blog posts.
    heathrow to w2
    southend to w2

    ReplyDelete
  54. You made some good points .I did a little research on the topic and found that most people agree with your blog. Thanks.
    Pakistan marriage
    Pakistani Shadi

    ReplyDelete
  55. "I accept been account your posts regularly. I charge to say that you are accomplishing a absurd job. Please accumulate up the abundant work."
    Cheap office furniture | Best office furniture | Customized office furniture

    ReplyDelete
  56. "I absolutely acknowledge the affectionate of capacity you column here. Thanks for administration advice that is in fact helpful. Good day!"
    Best advertising agency in Pakistan

    ReplyDelete
  57. sukses terus ea, infonya sangat kerennn...

    ReplyDelete
  58. Artikel yang sangat bermutu (good). 
    Sukses terus gan. 

    Apartemen Lavanya Garden Residences Apartment Cinere - ABI

    Visit us : 
    www.lavanyagardenresidences.com
    or
    http://lavanyagardenresidences.blogspot.com/
    http://apartmentlavanya.blogspot.com/
    http://apartment-cinere.blogspot.com/
    http://lavanya-gardenresidences.blogspot.com/
    http://lavanyagarden-residenced.blogspot.com/
    http://apartmentresidences-jakartaselatan.blogspot.com/

    ReplyDelete
  59. artikel yang bagus gan, saling mengingatkan untuk suatu hal yang baik.

    ReplyDelete
  60. semoga kita semua terhindar dari penyakit mematikan ini ya. Amiinnn..

    ReplyDelete
  61. mantap gan postingannya, keep healthy and drink water.

    ReplyDelete

Powered By Blogger

Followers