Saturday, 9 April 2011

Menjual dengan Bijaksana & Menyenangkan

Joe Girald dikenal sebagai pemasar yang sangat populer di dunia. Keberhasilannya memasarkan 1.425 unit mobil dalam satu tahun menempatkan namanya dalam Guiness World Record (pemegang rekor dunia). Dalam bukunya yang berjudul The Greatest Salesman In The World, ia mengungkapkan tentang tehnik-tehnik efektif dalam menjual.

Sebuah pengalaman yang sudah sangat mempengaruhi cara pendekatannya dalam menjual mobil ketika ia sedang melayani seorang konsumen. Ia berhasil menarik minat konsumen tersebut untuk membeli. Tetapi saat sudah hampir dilakukan transaksi jual beli, orang itu tiba-tiba membatalkan niatnya membeli. Pikiran Joe sangat terganggu atas kejadian yang menimpanya siang itu.

Joe sangat ingin tahu mengapa orang itu membatalkan niatnya. Malam itu juga sekitar jam 11 malam Joe Girald menelpon sang calon konsumen. Orang itu sedikit kaget dan enggan mengungkapkan alasannya membatalkan transaksi pembelian. Tetapi Joe Girald terus meyakinkan ketulusan dan niat baiknya mengetahui penyebab pembatalan itu.

Joe berhasil mengorek keterangan dari calon pembeli tadi, bahwa orang itu sebenarnya ingin sekali membeli. Tetapi calon pembeli itu merasa tersinggung ketika Joe tidak mengindahkan dirinya saat sedang menceritakan perasaan bangga terhadap anaknya yang berhasil masuk perguruan tinggi. Pelanggan itu tidak suka pada sikap Joe yang lebih memperhatikan humor salah seorang rekannya. "Saya tidak akan membeli sesuatu dari orang yang tidak menghormati saya," kata pelanggan itu.

Informasi tersebut sangat berarti bagi diri Joe. Ia menarik kesimpulan bahwa setiap orang cenderung membeli sesuatu dari orang yang mereka senangi. Karena itu Joe Girald selalu mengingatkan, "Promosikan dirimu, sebelum promosi produkmu."


Things to Learn :
Kisah diatas mengingatkan kita agar mengedepankan pelayanan dalam memasarkan produk apapun, termasuk produk jasa maupun barang. Betapapun produk yang kita tawarkan cukup unggul dengan harga yang kompetitif, tetapi jika mengabaikan pelayanan yang baik akan berakibat fatal pada prospek pemasaran. Sebaliknya, dengan pelayanan yang baik maka keunggulan produk de-ngan kualitas dan harga kompetitif yang kita tawarkan mudah dipasarkan.

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk memberikan pelayanan terbaik sekaligus menikmati cara berdagang. Langkah pertama adalah mengenali calon konsumen. Tujuannya adalah menciptakan suasana yang komunikatif dengan konsumen. Dengan demikian kita akan mendapatkan informasi tentang produk yang paling diinginkan konsumen dan cara lebih tepat untuk menghargai mereka.

Memberikan pelayanan terbaik termasuk memberikan informasi tentang produk kelebihan dan keunggulan dengan jujur, sistematis dan tidak berbelit-belit. Sekali saja kita mengada-ada, maka hal itu akan mempersulit prospek pemasaran selanjutnya. Berkata dan bersikap jujur adalah langkah yang paling bijaksana dan menyenangkan dalam berdagang.

Dalam memasarkan produk, upayakan untuk me-nempatkan diri pada posisi sebagai pembeli. Dengan demikian kita akan dapat merasakan informasi yang mereka butuhkan tentang produk. Menjawab pertanyaan mereka dengan sabar dan lengkap akan menjadikan produk yang kita pasarkan mudah laku.

Selain harga dan kualitas yang bersaing, faktor pelayanan menempati posisi strategis untuk mencapai kesuksesan memasarkan produk apapun. "Hanya ada 2 sebab pelanggan ingin membeli dari kita. Alasan pertama adalah produk yang menjadi solusi permasalahan konsumen. Alasan kedua adalah konsumen senang dengan kita," demikian simpul Michael Le Boeuf dalam bukunya yang berjudul How to Win Customers and Keep Them for Life.

495 comments:

  1. Memang kalau ingin menjual produk kita harus membuat pembeli senang ...

    ReplyDelete
  2. terima kasih nih gan buat infonya , iya bener juga kita dalam berjual beli itu konsumen kan kita itu harus saling menguntungkan , makasih gan buat infonya

    ReplyDelete
  3. terimakasih gan buat infonya, salam kenal aja gan,,,

    ReplyDelete
  4. memang bener gan gan dalam perjual belian itu harus saling menguntungan dan tidak saling merugikan

    ReplyDelete
  5. tutorial penjualan nya mantap bener gan , makasih gan

    ReplyDelete
  6. mantap nih, kita sebagai penjual dan pembelu harus sama2 menguntungkan iyya gak, maksih banyak buat infonya

    ReplyDelete
  7. i feel very lucky can find this page..
    finally i find something that i want to know..
    thank you for this usefull informations..

    ReplyDelete
  8. keren juga nih informasinya, iya tuh mas , sebagai penjual dan pembeli seharusnya saling menguntung kan gan

    ReplyDelete
  9. tulisan yang menarik bro, pengalaman dari seorang Joe Girald ini dapat menjadi inspirasi yang positif..

    ReplyDelete
  10. emmm... dalam pemasaran produk, jual-beli dan sejenisnya pelayanan memang bisa jadi faktor penting juga ya.. setuju deh dengan pendapat/kesimpulan seorang Michael Le Boeuf dalam bukunya yang berjudul How to Win Customers and Keep Them for Life

    ReplyDelete
  11. bner tuh gan melakukan pelayanan nya harus baik sekali, makasih banyak buat infonya

    ReplyDelete
  12. i feel very lucky can find this page..
    finally i find something that i want to know..
    thank you for this usefull informations..

    ReplyDelete
  13. thanks, i will focus on giving problem to my customer and good service to customer.

    ReplyDelete
  14. sesuai dgn pepatah pembeli adalah raja..

    ReplyDelete
  15. klo kita melayani konsumen dengan baik pasti konsumen senang,tp klo kita sebaliknya ya..konsumen tdk mau berbelnja produk kita,,konsumen adalah raja...!

    ReplyDelete
  16. terima kasih artikelnya, hal ini akan membuat aku lebih perhatian terhadap konsumen

    ReplyDelete
  17. setuju gan , penjual dan pembeli memang harus salinbg menguntungkan , makasih banyak buat infonya

    ReplyDelete
  18. yaa pembeli itu raja, disamping kepandaian dlm hal berbicara, kemampuan utk menilai dan menghargai org itu juga perlu bila ingin bisnis kita lancar

    ReplyDelete
  19. wah ini mesti ditiru ini.. hehe thanks infonya

    ReplyDelete
  20. hehe tetep aja ya pembeli adalah raja :D
    nice share

    ReplyDelete
  21. keren juga tutorialnya..
    sukses selalu yaa :)

    ReplyDelete
  22. salam kenal.......keren artikelnya

    ReplyDelete
  23. salam kenal....makasih infonya

    ReplyDelete
  24. penjual dan pembeli harus saling menghargai gan

    ReplyDelete
  25. memang seharusnya begitu mas...kalau gx kyk gitu pembelinya juga kabur mas gx bakalan jadi pembeli setia

    ReplyDelete
  26. makasih banyak buat infonya, semoga sukses selalu gan

    ReplyDelete
  27. menjadi pemasar yg baik memang di butuhkan trust dari pelanggan,koneksi dengan konsumen layak di lakukan dengan memperlihatkan attitude yg baik agar konsumen mempunyai loyalitas terhadap kita.

    ReplyDelete
  28. terimakasih infonya,, moga bermanfaat ..

    ReplyDelete
  29. ok juga nih informasinya, karna kan pembeli adalah raja gan ., hehe

    ReplyDelete
  30. i feel very lucky can find this page..
    finally i find something that i want to know..
    thank you for this usefull informations..

    ReplyDelete
  31. keren juga nih informasinya , memang pembeli adalah sebagai raja gan

    ReplyDelete
  32. ok juga nih informasinya, ni bagus bangat bagi para penjual, makasih banyak gan buat infonya

    ReplyDelete
  33. Wuiihh.. Mantap nih infonya.. Hari ini kita belajar pada Joe Girald. Jarang loh ada orang berani bertanya balik pada seseorang yang menolaknya. Sikap ini patut diacungi jempol. Ini salah satu langkah untuk bisa behasil..

    ReplyDelete
  34. setuju mas, penjuala dan pembeli harus saling bijak sana gan , hehe, makasih banyak buat infonya

    ReplyDelete
  35. Betul gan... service emang nomor wahid...
    nice info gan...
    btw nitip info donk.

    ReplyDelete
  36. pembeli itu adalah raja ganNN...,sbgai penjual sbaiknya kta mnghargai dan menghormati pmbeli tsb gannN...,serta maksimalkan plyanan planggan biar planggan dpt dtng lgi..
    mantaFF ganNN potingannya N trima kasihHH ya ganNN

    ReplyDelete
  37. makasih banyak nih buat infonya ,,memnga pembeli da mana pun dan bagai mana pun dia tetap raja bagi penjualnya

    ReplyDelete
  38. ok juga tuh judul nya,,
    apalagi isi nya,,


    keren banget jadi termotivasi...

    ReplyDelete
  39. ilmunya sangat bermanfaat, gan. Memang masih luas ilmu sekitar pemasaran, makanya membahas satu topik nggak akan tuntas. Btw, artikel saudara dah nambah ilmu kita-kita juga

    ReplyDelete
  40. wah, kebetulan saya ambil konsen marketing nih dikampus....
    nice story bro, bisa buat pelajaran bagi saya...

    ReplyDelete
  41. info yang sangat menarik, bisa dijadikan inspiratif...

    ReplyDelete
  42. wis mantap bener nih gan informasinya, memang betul sekali gan , kalo penjual dan pembeli harus saling menghargai , hehehe

    ReplyDelete
  43. Wah beruntung hari ini baca artikel ini. Niatnya mau caro blog do follow gak sengaja ketemu artikel yang sangat bermanfaat untuk saya terapkan dalam berdagang.

    ReplyDelete
  44. Wah beruntung hari ini baca artikel ini. Niatnya mau caro blog do follow gak sengaja ketemu artikel yang sangat bermanfaat untuk saya terapkan dalam berdagang.

    Terima kasih banyak gan atas artikelnya

    ReplyDelete
  45. Inspired story. Orang sukses melakukan hal yang tidak terpikirkan oleh orang biasa..

    ReplyDelete
  46. Yapz...
    memang bener jika kita ingin sukses dalam perdagangan maka kita harus bijaksana dalam berjual..

    ReplyDelete
  47. tentunya menyenangkan klo kita bisa menjual dengan bijaksana,,,,
    konsumen pun pasti merasa senang pula,,,

    ReplyDelete
  48. oh jadi sekarang ada ya yg namanya sale bijaksna?

    kaya baju ajj ..
    hahah
    postingan yg unik aja

    ReplyDelete
  49. I like the blog theme, it is attractive red colour.. You guys write well on article and so talented. I hope to see more article from you. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  50. prinsip seperti itu yang harus kita pakai untuk mendapat kan hasil yang lebih baik...

    ReplyDelete
  51. memang ketika kita membeli sesuatu klw pelayan nya ketus,,,atau sikapnya yang kurang baik kita juga sbg pembeli jadi malas...belinya, semoga blog ini bermanfaat khususnya bg para penjual untuk lebih meningkatkan kwalitas pelayanan nya..
    thank atas infonya
    salam kenal sukses selalu

    ReplyDelete
  52. bner juga nih..

    kita harus belajar bijaksana dan menyenangkan

    mksih buat postingan nya

    ReplyDelete
  53. ya iyalah klw jadi pelayan memang harus sopan biar banyak pengujung

    ReplyDelete
  54. dengan bijak nya .....
    bahasan yang sangat bagus untuk sebuah hasil yang lebih baik...

    ReplyDelete
  55. informasi dan sajian artikel yang sangat bagus...mudah mudahan kita bisa menjalaninya dengan baik amin...salam kenal dan semoga anda sehat sukses selalu amin...

    ReplyDelete
  56. postingan nya sangat ok banget,,,

    kita belajar bijkasana dan menyenangkan...

    ReplyDelete
  57. betul sekali gan , kita memberikan layanan kepada konsumen itu harus baik, karena dalam agama juga pembeli adalah raja, makasih banyak atas infonya

    ReplyDelete
  58. sangat tepat karna pelayanan kita yang menentukan ke berhasilan.

    ReplyDelete
  59. Sebuah pengalaman yang sudah sangat mempengaruhi cara pendekatannya dalam menjual mobil ketika ia sedang melayani seorang konsumen

    ReplyDelete
  60. prinsip seperti itu yang harus kita pakai untuk mendapat kan hasil yang lebih baik...

    supaya kita dapat termotivasi..
    hehe

    mksih gan buat info nya

    ReplyDelete
  61. semoga kita dapat menyenangkan dalam mengerjakan sesuatu...
    apalgi dalam dunia kerja..

    nice post gan,,

    ReplyDelete
  62. Lakukan pendekatan,sehati,promosi baru hasil = beli .
    thanks to admin ..

    ReplyDelete
  63. layani pelanggan dengan sebaik baiknya, itu juga sudah cukup :)

    ReplyDelete
  64. cipt buat infonya,,
    salam kenal buat semuanya

    ReplyDelete
  65. dalam penjualan emang harus melayani dengan baik,,
    biar konsumennya betah belanja di tempat kita
    hehhehe

    ReplyDelete
  66. bner banget nih postingan nya,,,

    semoga semua orang bijaksana...

    ReplyDelete
  67. setuju sekali gan, karena penjual dan pembeli itu harus saling menguntungkan juga,,,

    ReplyDelete
  68. bagus sekali artikelnya, sangat menginspirasi

    ReplyDelete
  69. artikel yang inspiratif nih gan..jadi banyak belajar teri,makasih gan...

    ReplyDelete
  70. nice artikel...

    sharing inspirasi!

    ReplyDelete
  71. bisa beljar dari pngalaman...

    ReplyDelete
  72. This is a great article. I am pretty much impressed with your good work.You put really very helpful information. Keep it up.

    ReplyDelete
  73. Memberikan pelayanan terbaik termasuk memberikan informasi tentang produk kelebihan dan keunggulan dengan jujur,

    ReplyDelete
  74. saya setuju gan dengan postingan nya,,
    hehe

    nice post gan,,,
    terima kasih..

    ReplyDelete
  75. semoga kita bisa menyenangkan orang lain,,,

    amin

    ReplyDelete
  76. asalkan kita bijaksana,,,
    pasti menyenangkan..
    hehe

    ReplyDelete
  77. cipt setuju banget..

    sangat menyenangkan .hhehe

    ReplyDelete
  78. semoga kita dapat menyenangkan orang lain an,,,

    ReplyDelete
  79. semoga kita dapat bijaksna dlm menjual suatu barang,,,,

    ReplyDelete
  80. The knowledge you provide is a real asset we have. Keep on posting such valuable articles. I like your way of describing style.

    ReplyDelete
  81. wah hebat banget bisa menjual 1400an mobil dalam waktu 1 tahun :D strategy yg bener bener awesome!

    ReplyDelete
  82. "Promosikan dirimu sebelum promosikan produkmu", I like it.

    ReplyDelete
  83. prinsipnya emang harus kyak gtuu
    klo menjualnya dengan wajah yang seram trus ga bsa senyum.. wahhh yang ada para pembelinya pada kaburrr

    ReplyDelete
  84. harus sebijaksana mungkin dalam mebelanja

    ReplyDelete
  85. ok juga nih gan tinformasinya,semoga bermanfaat yah

    ReplyDelete
  86. setelah membaca dengan seksama informasi diatas, saya setuju dengan penulis :D

    kita memang harus sangat bijak dalam menjual produk atau jasa :)

    ReplyDelete
  87. kuncinya hanya kejujuran aja kalo pengen sukses.

    ReplyDelete
  88. wah keren juga nih informasinya...

    dan bsa di jadikan contoh untuk para penjual yang lain..

    ReplyDelete
  89. bner tuh melakukan pelayanan nya harus baik sekali,makasih banyak buat infonya

    ReplyDelete
  90. ya kalau mau sukses harus jujur apa lagi dalam jual beli'

    ReplyDelete
  91. Yang sangat penting adalah membangun kepercayaan...

    ReplyDelete
  92. makasih nih inponya... bermanfaat sekaliii

    ReplyDelete
  93. tulisan yang menarik bro, pengalaman dari seorang Joe Girald ini dapat menjadi inspirasi yang positif..

    ReplyDelete
  94. tulisan yang menarik bro, pengalaman dari seorang Joe Girald ini dapat menjadi inspirasi yang positif..

    ReplyDelete
  95. bijaksana dan menyenangkan, betul banget tuh, kalo gitu gak perlu di minta juga konsumen pasti kembali lagi..
    thanks banget atas infonya

    ReplyDelete
  96. Memberikan pelayanan terbaik itulah kelebihan dan keunggulan dalam marketing

    ReplyDelete
  97. Jangna lupa jujur, sistematis dan tidak berbelit-belit he he

    ReplyDelete
  98. wah setuju deh sama isi artikel juga alasannya...
    kuncinya pelayanan

    ReplyDelete
  99. info yang sangat menarik ni sob
    thanks ya udah berbagi

    ReplyDelete
  100. terimakasih mas buat infonya, salam kenal aja mas,,,

    ReplyDelete
  101. tutorial penjualan nya mantap bener mas , makasih mas

    ReplyDelete
  102. thanks, i will focus on giving problem to my customer and good service to customer.

    ReplyDelete
  103. beri kesan pertama yang menyenangkan..

    ReplyDelete
  104. wah ini mesti ditiru ini.. hehe thanks infonya

    ReplyDelete
  105. bgus juga nie info nya sangat bgus nie dan sangat menarik.......

    ReplyDelete
  106. makasih info nya sangat menarik nie dan sangat bagus,dan salam kenal aja .......

    ReplyDelete
  107. sekarang tuh emang dah jamannya gitu kalao g gitu ketinggalan..

    ReplyDelete
  108. makasih info nya sangat menarik salam kenal aja deh......

    ReplyDelete
  109. makasih nih infonya... bermanfaat sekaliii

    ReplyDelete
  110. sip mas..
    thanks infonya n good post n juga salam kenal ja

    ReplyDelete
  111. hal yang harus di utamakn dalam proses jual beli hanyalah kejujuran dan kepercayaan..
    mksih gan atas infonya

    ReplyDelete
  112. iya bener tuh..kita harus mengedepankan pembeli..
    thanks ya atas infonya

    ReplyDelete
  113. bener banget tuh,,, pembeli adalah raja...kita harus memaksimalkan pelayanan kita terhadap konsumen agar si konsumen bisa puas dngan apa yang kita tawarkan,, siip deh.. thanks atas infonya..

    ReplyDelete
  114. penjualan yang baik adalah pelayanan yang baik thanks atas infonya

    ReplyDelete
  115. yah benar,,istilahnya jangan hanya memuaskan barang yang dijualnya saja tapi pelayanan juga harus dikedepankan,,
    thanks ni atas infonya..

    ReplyDelete
  116. bener banget tuh biar penjual dan pembeli sama sama menguntungkan

    ReplyDelete
  117. vi yg paling diutamakn hanyalah kejujuran gan..

    ReplyDelete
  118. info nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,

    ReplyDelete
  119. boleh juga nie info nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,

    ReplyDelete
  120. keren juga nih informasinya , memang pembeli adalah sebagai raja mas

    ReplyDelete
  121. serta jual belli jujur lakh yang di ridhoi allah,,,,thanks gan

    ReplyDelete
  122. artikelnya bisa jadi acuab bich buat kita ,,
    thanks gan

    ReplyDelete
  123. ane suka gan,,
    thanks artikelnya ,,
    salam kenall,,okok

    ReplyDelete
  124. pelayanan dengan senyum juga bisa jd prioritas dalam memasarkan produk..thanks gan

    ReplyDelete
  125. sallam knall ajje nichh,,
    thanks sharenya,,

    ReplyDelete
  126. sip sip sip sallutte buad admin,,
    thanks postingannya

    ReplyDelete
  127. sip mas..
    salam kenal n thanks for share nya

    ReplyDelete
  128. iya,,dalam menjual kita bukan hanya memenuhi keinginan si pembeli tapi kita harus memuaskan pembeli dengan pelayanan yang baik agar si pembeli terkesan dan puas ...

    ReplyDelete
  129. siip mas......
    nakasih y atas informasinya

    ReplyDelete
  130. Apapun pasti bisa kita raih asal kita tulus melakukannya..

    ReplyDelete
  131. mantap juga nie info nya sangat bagus dan sangat menarik nie,,,,,,,,

    ReplyDelete
  132. iya,kalau kita mau memjual pada konsumen diusahakan barangnya dapat memuaskan konsumen..

    ReplyDelete
  133. sangat bermanafaat sekalii
    sukses selalu yaa :)
    lam kenal

    ReplyDelete
  134. setuju,,,dalam menjual kita harus bijaksana dan tentunya menyenangkan,,itu akan membuat konsumen tertarik,,

    ReplyDelete
  135. sip mas..
    thanks infonya n salam kenal aj

    ReplyDelete
  136. Semua yang dilakukan dengan senang pasti akan membuahkan hasil yang maksimal

    ReplyDelete
  137. Great! Well, I admire the precious time and effort you put into it, especially into interesting articles you share here! It was very interesting..

    ReplyDelete
  138. Prinsip yang pernah saya dapatkan ketika menjadi seorang sales force. MELAYANILAH DENGAN HATI !! Hasilnya akan luar biasa

    ReplyDelete
  139. Pembeli adalah raja. Thx yah sharenya :)

    ReplyDelete
  140. setuju nih :D
    kalau gak kayak gitu, pada kapok dong pelanggannya.. hehehe

    ReplyDelete
  141. pembeli bisa percaya kalau layanan kita memuaskan,,,

    ReplyDelete
  142. semoga semua orang bijaksana dlm menjual :D

    ReplyDelete
  143. Mantap gan. Sukses terus ya. Sukses terus ya..

    Salam kenal ya.
    Pabrik Tas Jakarta

    ReplyDelete
  144. Its a really general and nice one to understand things properly please keep posting sill more nice blogs

    ReplyDelete
  145. smua harus menjual dan menyenangkan orang bener gk ?

    ReplyDelete
  146. itu memang wajib mas, kita harus menjual secara ramah dan bijaksana :)
    thanks infonya yaa..

    ReplyDelete
  147. pembeli adalah raja, dan wajib dilayani secara istimewa :)

    ReplyDelete
  148. harus menjadi penjual bijaksana klo mau maju

    ReplyDelete
  149. Semua harus dilakukan dengan menyenangkan dan bijaksana

    ReplyDelete
  150. setuju gan,,,menjual dengan bijaksana itu membuat para pelanggan atau konsumen akan puas dengan pelayannn kita,,

    ReplyDelete
  151. banyak juga yang komentar ikutan......

    ReplyDelete
  152. dalam suatu perusahaan pemasaran yang sangat penting....

    ReplyDelete
  153. wah mantabs bin azip bangets gan postinganya yang sangat insfiratif dan sangat memotifasi, ana jadi terinsfirasi untuk mengikuti jejak si penjual mobil yang sukses karena belajar dari suatu kesalahan dan mengoreksi diri agar jadi lebih baik di kemudian hari...terimakaih gan atas postinganya yang sangat bermanfaat ..salalm kenal dan sukses selalu

    ReplyDelete
  154. Saya setuju sama artikel diatas..
    emang penting banget menjual sesuatu dengan bijaksana dan menyenangkan!!
    pasti pembeli akan merasa puas dengan pelayanan kita, jika kita ramah terhadap pembeli tersebut.

    makasih ya gan :)

    ReplyDelete

Followers