Saturday 29 August 2009

Bersihkanlah Telinga Dengan Baik dan Benar

Bila si kecil, yang lagi demam, rewel sambil tangannya terus menarik-narik telinga, Anda boleh curiga kemungkinan telinganya mengalami gangguan. Apalagi kalau demamnya tidak dibarengi dengan gejala lain seperti pilek, batuk, ruam pada kulit atau sakit perut, dan sebagainya.

Infeksi telinga pada anak balita bukan kejadian langka. Gara-garanya bisa karena cara Anda membersihkan telinganya keliru atau memang ada penyebab lain. “Membersihkan kotoran telinga sebenarnya cukup sebatas daun telinga saja, tidak perlu sampai ke liang telinga..............

Pada liang telinga, tepatnya di 1/3 bagian luar telinga yang berbulu, terdapat kelenjar minyak atau serumen. Ini berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran, serangga, serta bakteri. Dalam keadaan normal kelenjar ini akan mengeluarkan minyak sedikit demi sedikit, meleleh keluar ke daun telinga. Penampakannya menyerupai kotoran yang liat atau lembek, namun akan mengering dengan sendirinya. Setelah kering, kelenjar tadi akan memproduksi minyak kembali. Demikian mekanisme kerjanya dalam membersihkan telinga secara alami. Tetapi kalau liang telinga terlalu sering dirangsang, kelenjar ini akan mengeluarkan minyak berlebihan yang justru kurang baik untuk kesehatan telinga.



Yang perlu diperhatikan, bila Anda membersihkan dengan cotton bud jangan sampai ke liang telinga. Kalau sampai ke liang telinga, sebagian besar kotoran malah akan terdorong masuk ke bagian lebih dalam yakni gendang telinga yang kemudian menumpuk dan membatu. Apalagi kalau jenis kotorannya kering dan keras. “Di sinilah seseorang akan mendapat masalah karena bagian dalam telinga terasa gatal. Kalau dikorek-korek sendiri, dengan korek kuping misalnya, bisa mengakibatkan luka kulit atau gendang telinga, kulit gatal mirip eksim atau bahkan terjadi infeksi sampai bernanah (otitis media) alias congek. Infeksi ini sering menimbulkan demam.

Kalau diketahui ada kotoran yang telah mengeras di dekat gendang telinga, harus segera diperiksakan ke dokter ahli THT. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga (karbol gliserin 10%) untuk memecahkan kotoran tersebut. Kotoran yang sudah pecah disemprot atau dikorek keluar. Infeksi yang barangkali timbul lantaran iritasi kotoran itu diatasi dengan pemberian obat antibiotika.

Di samping bisa mengakibatkan infeksi, kotoran membatu tadi akan menyebabkan telinga terasa sakit atau agak tuli sehabis berenang. Sebab air yang masuk akan terhalang keluar. Bahkan, kalau lubang telinga yang tersumbat hanya sebelah, bisa mengakibatkan pusing atau vertigo (berputar), terutama bila Anda berenang di air dingin.

Gangguan pada telinga yang tersumbat kotoran bisa juga muncul saat naik pesawat udara. Pasalnya, udara yang masuk pada saat tekanan tinggi tidak dapat keluar dengan leluasa. Akibatnya telinga akan terasa sakit bahkan yang paling mengkhawatirkan kalau sampai gendang telinga pecah. Nah, pembagian permen yang biasa dilakukan oleh para pramugari di atas pesawat sebelum lepas landas itu secara tak langsung sebenarnya berguna untuk kesehatan telinga kita. Mengunyah sesuatu atau mengulum permen bisa menyeimbangkan udara yang masuk melalui telinga, agar udara tidak terkunci di dalam.

Semoga Bermanfaat...

44 comments:

  1. tapi kebanyakan orang tua itu membersihnya nya sampe ke dalam dalam...masih ingat dulu waktu gw masih SD sering dikorek2 telinga ama bapak...kadang terasa sakit sih,katanya supaya bersih :)

    ReplyDelete
  2. ternyata selama ini saya banyak melakukan kesalahan juga ya :)

    ReplyDelete
  3. Gapai ampunan Ilahi,
    songsong kemenangan haqiqi menuju jiwa nan fitri.
    Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1431H.

    ReplyDelete
  4. infonya sangat bermanfaat dan membantu blogger pemula seperti saya. Makasih banget gan buat infonya,nih ane mau sedikit berbagi cetta tentang Blogger Templates Colorizetemplates.com, ditunggu kunjunganya.

    ReplyDelete
  5. Bila si kecil, yang lagi demam, rewel sambil tangannya terus menarik-narik telinga, Anda boleh curiga kemungkinan telinganya mengalami gangguan..

    ReplyDelete
  6. informasi yang sangat menarik dan sangat bermanfaat tentnya.. terima kasih..

    ReplyDelete
  7. bagus info nya...gunakanlah telinga untuk mendengar perkara-perkara yang baik sahaja...


    electric impact wrench

    ReplyDelete
  8. makasih atas tips kesehatanya ya dok ;-)

    ReplyDelete
  9. telinga memang salah satu organ tubuh yang paling sensitif, jadi perawatanya juga harus hati-hati

    ReplyDelete
  10. kunjungan yg kesekian sob, mari kita saling berbagi tips kesehatan

    ReplyDelete
  11. enak bener nih di baca, makasih atas tips kesehatanya

    ReplyDelete
  12. Finally, an issue that I am passionate about. I have looked for information of this caliber for the last several hours. Your site is greatly appreciated.

    ReplyDelete
  13. Benar mas, membersihkan kotoran telinga memang harus hati-hati dan harus ke dokter THT jika kotoran telinga sudah banyak.

    ReplyDelete
  14. kurangi mendengar lagu lewat earphone karena bisa menumpulkan pendengaran..

    ReplyDelete
  15. Terimakasih infonya,

    Kebetulan saya punya bayi ternyata selama ini kami salah.kami selalu membersihkan kedalam liang telinga.

    ReplyDelete
  16. tips kesehatan yang bagus, sangat berguna bagi orang awam

    ReplyDelete
  17. selalu menemukan artikel2 menarik disini, thx sobat atas share nya

    ReplyDelete
  18. terima kasih, saya jadi lebih banyak tahu tentang membersihkan telinga yang baik.

    ReplyDelete
  19. makasi sob atas pencerahannya, ternyata slama ini aq salah

    ReplyDelete
  20. bersihkan pke sikat gigi anda..

    ReplyDelete
  21. yaa.. seperti ini cara membersihkan nya!!

    ReplyDelete
  22. Its like you learn my mind! You seem to know so much approximately this, such as you wrote the book in it or something. I believe that you just could do with some % to power the message home a bit, however instead of that, this is fantastic blog. An excellent read. I'll definitely be back.

    ReplyDelete
  23. Ternyata salah selama ini, terimakasih infonya

    ReplyDelete
  24. see this page w3i74i1j25 replica louis vuitton replica bags karachi w8d02g3e47 replica evening bags browse around this site e1x88y9c53 replica bags ru replica bags uk replica gucci handbags o6k33l6e87 replica bags hermes

    ReplyDelete

Powered By Blogger

Followers