Tuesday 15 September 2009

Kiat Jitu Mengelola THR

Ngga kerasa yah sebentar lagi bulan suci Ramadhan akan segera berlalu, dan kita akan segera menyambut hari kemenangan buat umat Muslim sedunia yaitu Idul Fitri 1430 H. Nah buat yang sudah pada gawe alias kerja mungkin sobat semua sudah menerima THR buat ngerayain hari kemenangan tersebut bersama keluarga. Hari ini Blok Info mau berbagi tips jitu mengelola THR supaya efektif dalam penggunaannya di hari Lebaran yang saya baca dari situs ini.

Ok sobat kita langsung saja masuk ke bagian Tips Pengelolaan THR supaya efektif :

THR yang diterima biasanya tidak sebesar Gaji bersih yang diterima (setelah pajak/take home pay),misalnya gaji kita setelah pajak sebesar Rp 5 juta, maka biasanya THR yang diterima adalah pasti dibawah 5 juta hal ini disebabkan potongan pajak atas THR yang disetahunkan. Tapi tidak semua perusahaan memberikan nilai THR lebih kecil dari Gaji, ada juga beberapa perusahaan yang memberikan nilai THR lebih besar dari Gaji yang diterima.


Ok begitu kita menerima THR maka segera tentukan angka maksimum pengeluaran kita, sobat bisa membandingkan dengan pengeluaran normal bulanan, dengan memperhatikan hal berikut:

Batasan pengeluaran THR yang sehat adalah maksimum 2 kali pengeluaran normal. Ingat dari pengeluaran bukan dari pemasukan normal, jadi (ini wajib hukumnya) pengeluaran harus lebih kecil dari pemasukan.

Lalu batasan pengeluaran THR yang SEHAT itu untuk apa saja ya???

Lunasi utang yang pembayarannya variabel/tidak konstan (biasanya hutang tanpa agunan), misalnya kartu kredit, kartu simpan pinjam, dll apapun namanya.., ingat! utang yang pembayarannya tidak konstan bunga-nya pasti tinggi!, jika belum bisa lunas minimal menguranginya. Budged untuk ini maksimal 30% dari gaji +THR bersih setelah pajak.

Bayar kewajiban + bonusnya kepada pihak yang terdekat, misalnya pembantu, baby sitter, sopir, tukang kebon, dll, jangan lupa mereka juga harus terima THR, bagi yg umat muslim jangan lupa sisihkan minimal 2.5% untuk pembayaran zakat.

Investasikan dulu, minimal 10% dari income + THR, ingat investasi juga bagian dari kewajiban anda sebagai karyawan, jika anda ingin menjadi makmur dikemudian hari.

Sisanya baru-lah dipakai untuk belanja dan mudik.

Box tips: Kiat jitu THR yang SEHAT:

Rencanakan.!, rencanakan dan rencanakan..., misal dalam kondisi normal saat anda tidak terima THR: Gaji 100% minus utang maksimal 30% minus investasi minimal 10% dan sisa yang digunakan sehari-hari sebesar 60%. Nah dari angka ini menjadi acuan pengeluaran pada saat THR kita terima.

Jika 2X atau sebesar 120% pengeluaran maka dapat disebut sebagai Pengeluaran THR yang SEHAT.

Jika 2.7X atau sebesar 162% pengeluaran maka disebut sebagai pengeluaran yang WAJAR.

Apabila lebih dari 2.7X atau diatas 162% maka yang bersangkutan pasti jadi PAILIT alias utang yang melilit...!!.

Disampaikan oleh: Taufik Gumulya, CFP®. CEO pada TGRM Financial Planning Services

10 comments:

  1. wah sapa yang mau ngasih thr ke saya yaah :D
    salam kenal sob
    Make Money Online with Free Articles

    ReplyDelete
  2. Wuih saya mau dongg dikasih THR :d
    salam kenal sob
    Sejarah Komputer

    ReplyDelete
  3. mas, saya ada pertanyaan mengenai perfectmoney di postingan mas yg berhubungan dengan itu, tolong di jawab dengan memberi kabar di blog saya mas, terimakasih :)

    ReplyDelete
  4. makasih banyak sob tips mengelola thrnya,jangan lupa masukkannya yahh buat artikelku yang judulnya Apa Sih Asyiknya Belajar SEO?

    ReplyDelete
  5. Visit the Breitling
    page on our website for advice on the products. The Bentley Motors T
    are fabricated with the aspect of perfection. A archive of the Breitling Aeromarine
    will accord you a advanced ambit of watches. Bentley 6.75
    has four accepted styles of watches accessible in the market.

    ReplyDelete
  6. sukses terus ea, infonya sangat kerennn...

    ReplyDelete

Powered By Blogger

Followers