Sunday, 30 December 2012

Menyentuh Hati Pelanggan Dengan Cinta


Persaingan dalam dunia pemasaran dewasa ini semakin ketat, apalagi dengan berubahnya perilaku konsumen secara terus-menerus yang mengikuti perkembangan teknologi, ditambah dengan semakin cerdasnya konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan baru agar perusahaan dapat menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

Kami memahami bahwa kecenderungan yang dilakukan oleh pelanggan dalam mengambil keputusan pembelian dewasa ini lebih cenderung dipengaruhi oleh hati (emosional) pelanggan, baik pemuda, wanita, maupun pengguna internet, kini kecenderungan mereka dalam menentukan keputusan pembelian cenderung dipengaruhi oleh hati (emosional). Kami memahami bahwa pelanggan yang terpuaskan oleh produk atau layanan pemasar belum tentu mencintai produk atau layanan pemasar. Kami menyebut pelanggan yang mencintai produk atau layanan pemasar sebagai “Ultimate Customer.”

Karakteristik ultimate customer adalah:

1. Sangat mencintai produk dan layanan pemasar,
2. Memiliki kesetiaan yang tinggi terhadap produk perusahaan,
3. Adanya rasa memiliki (bagian dari perusahaan) dan bangga terhadap perusahaan,
4. Memiliki kepedulian yang tinggi terhadap perkembangan produk, perbaikan produk, kesempurnaan produk, dll.

Agar pelanggan yang kita miliki menjadi ultimate customer maka kita harus benar-benar mencintai pelanggan kita. Hal-hal yang perlu pemasar lakukan ialah:

1. Mencintai Pelanggan dengan Hati
Sering kita temui sekelompok orang yang sering bertemu dan berinteraksi dalam kurun waktu yang relatif lama namun sepertinya tidak pernah terbangun hubungan hati, sehingga ketika mereka berada di tempat yang berjauhan tidak ada lagi hubungan yang terbangun, semua kenangan kebersamaannya hilang dengan mudah begitu saja. Namun sebaliknya ada sebuah pertemuan yang baru pertama kali dan relatif singkat namun memberikan kesan yang sangat mendalam dan tidak mampu untuk dilupakan, hubungan inilah yang disebut hubungan hati. Jika rasa cinta telah terbentuk maka apapun yang dilakukan akan terasa indah, menyenangkan, dan ringan. Rasa cinta dengan hatilah yang perlu kita aplikasikan kepada pelanggan, sehingga berlakulah hukum cermin ”ketika pemasar mencintai pelanggan, maka pelanggan pun akan mencintai perusahaan.”

Rasa cinta terhadap pelanggan bisa kita lakukan dengan menjadikan pelanggan sebagai bagian dari perusahaan “keluarga besar perusahaan” kemudian mengkomunikasikannya (hubungan yang disengaja). Dengan begitu hubungan timbal balik akan dirasakan. Ketika perusahaan dan pelanggan telah menjadi keluarga besar, maka harus ada sebuah komitmen bersama untuk meningkatkan kesejahteraan bersama (maju bersama). Pemasar harus memiliki komitmen untuk bisa meningkatkan kesejahteraan pelanggan dengan cara seperti: melayani pelanggan dengan penuh kasih sayang, memberikan perhatian yang optimal kepada pelanggan, memberikan kepuasan optimal, memberikan kepedulian dan dorongan kepada pelanggan untuk bisa sukses dalam hal-hal tertentu (memberikan motivasi, bimbingan, pelatihan, konsultasi, bantuan, pencerdasan, dll bagi pelanggan yang membutuhkan), pemasar yang mencintai pelanggannya tidak rela jika pelanggannya terkecewakan, oleh karena itu mereka harus mengetahui kondisi kepuasan pelanggannya setiap waktunya, mengetahui & memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan setiap waktunya dan terus melakukuan perbaikan secara terus menerus. Dengan begitu pelanggan pun akan mencintai perusahaan.

2. Menjadi Pemasar yang Dipercaya
Pemasar harus memiliki citra baik di mata pelanggan agar pelanggan mencintai dan merasa bangga dalam mengonsumsi produk perusahaan. Pemasar disini harus terkenal dengan kejujurannya dengan memberikan informasi apa adanya, menginformasikan kekurangan dan kelebihan produk (tidak ada yang ditutup-tutupi), salah besar jika seseorang pemasar berkata “Saya tidak bohong, tetapi saya juga tidak bicara yang sebenarnya.” Bagaimanapun juga cepat atau lambat pelanggan akan mengetahui keadaan yang sebenarnya. Dari situlah pelanggan akan menilai kejujuran dari pemasar. Jika ternyata apa yang dikatakan pemasar tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, maka pelanggan akan kecewa dan mereka cenderung akan menceritakan pengalaman kekecewaannya kepada lingkungannya akibatnya pemasar tidak dipercaya lagi oleh pelanggan dan orang banyak, begitupun sebaliknya. Pemasar pula harus mampu memberikan layanan prima kepada pelanggan misalnya mampu melayani 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, siap mengantarkan produk kepada konsumen dengan segera, dll.

Studi Kasus #1
Penduduk Indonesia dalam kehidupan sehari-harinya tidak bisa terlepas dari HP. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh Roy Suryo yang termuat dalam www.x-phones.com (2001) menyebutkan bahwa ternyata 92,9% orang Indonesia membawa ponsel ketika liburan, dan fakta menarik lainnya adalah 54% orang Indonesia tidur dengan ponsel di sampingnya. Lalu 82,9% pengguna ponsel Indonesia suka bicara ringkas dan langsung ke pokok masalah. Alasannya karena harus bayar sendiri (81%) dan biaya airtimenya mahal (62%). Selain itu, fitur SMS cukup digemari pengguna ponsel karena dipakai oleh 63% responden. Orang Indonesia pun cukup ‘sopan’ karena mau mematikan ponselnya di bioskop (80%). Dengan melihat data tersebut dapat disimpulkan bahwa alat komunikasi HP tersebut tidak dapat terlepas dalam setiap aktivitas masyarakat. Oleh karena itu kami rasa HP dapat menjadi salah satu media efektif untuk melakukan promosi pemasaran, dll. Banyak perusahaan-perusahaan besar yang memfasilitasi web mereka dengan dua versi baik yang bisa diakses dengan PC, laptop tetapi juga dapat diakses dengan HP seperti yang di lakukan oleh kaskus yang dahulu hanya bisa di akses via PC atau laptop tapi kini hadir dengan via mobile. Sehingga kami mempunyai gagasan baru dengan menciptakan suatu program aplikasi pada HP (mobile phone) yang menjadi fasilitas promosi perusahaan pada pelanggan secara langsung, yang sangat memberikan kemudahan dan dirasa memiliki kedekatan emosional antara perusahaan dan pelanggan lebih tinggi karena setiap transaksi/interaksi yang dilakukan antar pengguna akan ada nada pemberitahuan langsung kepada HP mereka sehingga transaksi/interaksi antara pelanggan dengan perusahaan lebih mudah, murah, dan efisien. Dengan begitu kedekatan emosional antara perusahaan dan pelanggan dapat harmonis.

Studi Kasus #2
Sistem pemasaran yang dilakukan oleh Samsung benar-benar mampu menyentuh hati (emosional) wanita dengan meluncurkan ponsel Samsung tipe T500, yang mampu merambah ke posisi ketiga dengan tingkat pertumbuhan tertinggi dibandingkan dengan pesaingnya. Di tengah persaingan global yang masih kembang kempis, tahun 2002 lalu Samsung cenderung menuai angka pertumbuhan cukup fantastic yaitu sebesar 49%. Produk ponsel yang dikeluarkan Samsung tipe T500, ponsel ini unik karena diposisikan layaknya “perhiasan” bagi para wanita penggunanya. Lebih menarik lagi fitur-fitur yang ditawarkannya dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan spesifik kaum wanita, seperti mengecek siklus bulanan wanita, mengawasi dan mengukur tingkat kegemukan, mengukur kalori lemak yang dibakar tubuh bagi para penggunanya yang sedang diet, menghitung potensi periode kehamilan dan sebagainya sehingga dapat membantu pelanggan mengelola emosinya, hal tersebut sangat menyentuh hati pelanggan.


Source : www.the-marketeers.com

2,411 comments:

  1. terimakasih banyak gan infonya moga bermanfaat bagi kita semua.

    ReplyDelete
  2. Cinta memang luar biasa ya. Hhe
    Semoga perusahaan kita sama" besar ya

    ReplyDelete
  3. informasi yang sangat bagus nih gan

    ReplyDelete
  4. like buat cerietanya biarpun ga baca sampe abis..hehe makasih yah

    ReplyDelete
  5. cinta adalah anugrah terindah, kita harus bersyukur ada orang yang mencintai dikehidupan kita

    ditunggu komentar baliknya kalau gak keberatan sob salam kenal ya mohon dukungannya terimakasih
    Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia

    ReplyDelete
  6. Super sekali penjelasannya, terimakasih sobat

    ReplyDelete
  7. Sangat bermanfaat sob postingannya :D

    ReplyDelete
  8. Salah satu keunikan tempat wisata Pulau Tidung adalah keberadaan Jembatan Cinta. Jembatan ini berfungsi menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil. Aktivitas masyarakat setempat banyak terbantu oleh keberadaan Jembatan Cinta.Slilahkan kunjungi website kami di: www.pulautidungseribu.com

    ReplyDelete
  9. terimakasih banyak artikelnya sangat bagus saya jadi termotivasi salam kenal aja......!

    ReplyDelete
  10. Pemasar yang baik adalah yang mengerti kebutuhan dan keinginan serta kondisi customer ataupun calon customernya. sehingga dengan begitu bisa berkomunikasi dengan baik dan intens dengan mereka.

    ReplyDelete
  11. bener banget tuh..
    kalo kita bisa menyentuh hati pelangga maka pelanggan pun tidak akan pernah pergi dari kita.

    ReplyDelete
  12. artikel yang bagus..
    semoga bermanfaat untuk orang banyak.

    ReplyDelete
  13. Terimakasih atas artikelnya.. banyak sekali masukan, terutama buat saya.

    ReplyDelete
  14. Ijinkan menyimak kak..makasih atas infonya kak

    ReplyDelete
  15. kira-kira saya bisa begitu gak ya..

    ReplyDelete
  16. puitis banget gan kwkkw. lanjutkan blogging

    ReplyDelete
  17. sungguh infonya sangat bermanfaat sekali mkasih

    ReplyDelete
  18. http://pengobatangamat.wordpress.com/2013/01/08/obat-kista-dari-bahan-alami/

    ReplyDelete
  19. makasih bnyak atas infonya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  20. saya suka kalau kata kata puitis kaya postingan agan

    ReplyDelete
  21. mantap abis.. salam kenal pujangga

    ReplyDelete
  22. mazing abis... rangkaiyan kata sempurna gan

    ReplyDelete
  23. artikelnya bnr bgt nih kak..
    makasih ya udh share.. :D

    ReplyDelete
  24. yap...segalanya jika dengan cinta pasti akan indah...

    ReplyDelete
  25. bagus sekali ini
    nanti bakalan saya coaba

    ReplyDelete
  26. Tulisan yang bagus,,,
    senang bisa berkunjung di blok info.
    Thanks, n ditunggu artikel2 menarik selanjutnya..

    ReplyDelete
  27. Semoga dengan kelembutan cinta pelanggan lebih goyah hatinya kepada kita :)

    ReplyDelete
  28. info yg bermanfaat!!!thanks

    ReplyDelete
  29. thanks infonya, salam kenal bro, dan salam bloggers :)

    ReplyDelete
  30. "Rasa cinta terhadap pelanggan bisa kita lakukan dengan menjadikan pelanggan sebagai bagian dari perusahaan"
    Luar biasa sekali!!

    ReplyDelete
  31. infonya menarik,ditunggu artikel selanjutnya?

    ReplyDelete
  32. tutorial menarik :)

    blokinfo.blogspot good content

    ReplyDelete
  33. Jadi ingat sama motivator favorit saya, Ippho santosa dan bong chandra. gaya penulisannya juga tidak terlalu beda. terus berkarya. sukses buat anda!

    ReplyDelete
  34. sungguh sangat bermanfaaat sekali infonya menambah wawasan saya jangan lupa kunjungi kami balik

    ReplyDelete
  35. sangat menyentuh yhati gan, artikel yang sangat bagus sekali terimakasih banyak atas infonya......!

    ReplyDelete
  36. Produk-produk yang personal pasti lebih diterima konsumen!
    Artikel pemasaran yang menarik.

    ReplyDelete
  37. komennya gak dofollow lagi :( tapi ya gak apalah

    ReplyDelete
  38. info menarik dan bermanfaat,terimakaih gan.

    ReplyDelete
  39. Really nice information ever , very helpful and the best amazing

    ReplyDelete
  40. sungguh bermnafaat sekali infonya mkasih bnyak jangamn lupa kunjungi balik

    ReplyDelete
  41. Setujuuu... mari kita dekatkan diri ke pelanggan dengan cinta... intinya pelayanan sepenuh hati. Customer adalah raja

    ReplyDelete
  42. mantab , nice info , kalau membahas cinta memang seru :D

    ReplyDelete
  43. makasih bnyak atas infonya sangat bermanfaat sekali untuk saya kunjungi kami balik ya gan

    ReplyDelete
  44. nice banget infonya Gan,memang cinta dan kasih sayang adalah dasar yang paling utama.trims dan salam kenal.

    ReplyDelete
  45. Ijin menyimak kang, kapan ada post baru lagi nih. artikel disini sangat menarik semua dibaca, nanti kalau ada yang baru kasih tau ya...

    ReplyDelete
  46. infonya menarik dan bermanfaat sekali infonya makasih semoga sukses selalu gan

    ReplyDelete
  47. memang bagi para penjual haru bisa menganbil hati pembeli agar berminat untuk membeli prodak yang kita jual

    ReplyDelete
  48. sebegitu niat nya sampai dibuat survei kaya gitu . . hehe

    ReplyDelete
  49. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  50. wah tips buat pedagang kaya saya nih TOP banget . makasih gan , ditunggu postingan selanjutnya :)

    ReplyDelete
  51. jujur merupakan modal utama seorang pedagang , betulkan gan ?

    ReplyDelete
  52. pedagang yang baik adalah pedagang yang suka ngasih diskon . hehehhehe

    ReplyDelete
  53. sangat membantu sekali infonya mkasih bnyak saya tunggu kunjungan baliknya

    ReplyDelete
  54. jika kita melakukannya dengan baik dan penuh cinta, tentu hasil yang akan kita raih akan baik pula.

    ReplyDelete
  55. makasih tips nya gan, sukses selalu.
    ==============================================

    jgn lupa mampir di koleksi saya juga yah.

    LF
    DIG
    DBS
    BB 17
    Dapur-B
    Zona Iklan
    Banner Gratis
    Indonesia Online
    Tanaman Indonesia

    ReplyDelete
  56. nice tips gan. salam silaturohim

    ReplyDelete
  57. blog walking sob, menjaga keharmonisan para blogger :D

    ReplyDelete
  58. mantap infonya gan, moga blognya tambah maju.

    ReplyDelete
  59. keren banget deh infonya gan mkasih bnyak infonya

    ReplyDelete
  60. Artikel yang sangat menarik....!
    salam kenal dan semoga sukses...

    ReplyDelete
  61. Harus dicoba nih... MENYEBARKA CINTA DI SAAT BERPROMOSI...

    Ikutan promosi beneran gan...
    Silahkan [klik di sini] untuk membuat baju di konveksi kami.
    Silahkan [klik di sini] untuk membeli busana muslim kami.

    ReplyDelete
  62. hehe.. Ok, dgn snyuman biar mw beli

    ReplyDelete
  63. masukan yang sangat baggus bos. thanks

    ReplyDelete
  64. waow sungguh sebuah Artikel yang bagus, sangat bermangfaat,trims Gan and salam kenal.

    ReplyDelete
  65. artikel yang menarik...
    semoga bermanfaat...
    "jangan lupa mampir"

    ReplyDelete
  66. Wah,,, Mantapniii TriknyauntUk menarik pelanggan,, Hehehehe....

    ReplyDelete
  67. The blog is absolutely fantastic. Lots of great information and inspiration, both of which we all need. Thanks.
    stacy@listfreewebdirectories.com

    ReplyDelete
  68. kebanyakan penjual bukan meakai cinta tapi hasutan hehehe.. curhat

    ReplyDelete
  69. masukan dan pembahaan yang sangat bermanfaat kebetulan saya sedang menekuni bidang tersebut!!!

    terima kasih banyakkk!!!

    ReplyDelete
  70. saya sangat suka artikel ini mas !!!

    teriam kasih sudah share!!!

    ReplyDelete
  71. nie info ganlumayan buat belajar bisnis

    ReplyDelete
  72. terimaksih atas infonya . bermafaat buat nambah wawasan bisnis :)

    ReplyDelete
  73. Hi there! Do you know if they make any plugins to assist
    with SEO? I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not seeing
    very good results. If you know of any please share. Many thanks!



    Feel free to visit my web site: adjustable dumbbells on stand

    ReplyDelete
  74. Makasih informasinya, menambah wawasan saya untuk menambah ilmu marketing saya.

    ReplyDelete
  75. It's awesome for me to have a site, which is good designed for my know-how. thanks admin

    Also visit my page: how to play golf for kids

    ReplyDelete
  76. dengan cinta hidup akan sejahtera selamnya

    ReplyDelete
  77. Tanamkan benih cinta di setiap kehidupan

    ReplyDelete
  78. semua akan terasa indah bila di sertai dengan cinta

    ReplyDelete
  79. hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga

    ReplyDelete
  80. kalau persaingan sih wajar wajar saja,,
    asal yang sehat,,

    ReplyDelete
  81. ya kalau melakukan sesuatu memang harus dengan cinta,,

    ReplyDelete
  82. memang Menyentuh Hati Pelanggan Dengan Cinta adalah salah satu aspek terpenting dalam pemasaran
    kalo kita Menyentuh Hati Pelanggan Dengan Cinta sudah pasti mereka kembali lagi kepada kita bahkan akan mereferensikan kita kepada saudara dan kolega kolega bisnis nya
    Terima Kasih Boss artikel nya MANTABS

    ReplyDelete
  83. makasih mas atas postingannya sangat membantu saya.

    ReplyDelete
  84. sobat terimakasih artikelnya dan salam kenal dari kami penjual jual pelangsing , servis laptop makassar dan bursa taruhan bola.

    ReplyDelete
  85. salam untuk para blogger lain yah gan..
    ilmu, wawasan, serta hiburan hanya saya dapatkan di blog ini..
    makasih yah
    oiya maaf bila anda terganggu dengan kedatangan kami..
    :D

    ReplyDelete
  86. waaaahhh boleh juga tuh mas'e...
    thanks yo buat info nya
    review ini mas KERETAMINI.COM PABRIK KERETA MINI NO 1. READY STOCK

    ReplyDelete
  87. salam knl mas bro........mohon dukungannya biar lancar

    ReplyDelete
  88. Pelanggan atau pembeli adalah raja, jadi harus dilayani dengan baik. Kalau dalam dunia blogging pengunjung juga adalah raja. Maka berikan pelayanan dengan baik. Misalnya dengan cinta.

    ReplyDelete
  89. sayang bener gan ane PNS hahaha mau pindah ke bisnis masih lemah mental terkena ilusi zona nyaman

    ReplyDelete
  90. salam kenal mas bro, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  91. saya jadi tau nih blog agan, bagus mas seonya, sukses selalu.

    ReplyDelete
  92. trik bagus nih.. hahaha mantabb

    ReplyDelete
  93. keren nih artikel nya , salam kenal aja sob

    ReplyDelete
  94. mantab .. hehhehe , keren juga nih trik nya

    ReplyDelete
  95. mantab bos, banyak cara menarik pelanggan. lanjutkan

    ReplyDelete
  96. ijin baca dulu artikel nya mas. salam kenal

    ReplyDelete
  97. Ijin coba nih buat di perusahaan ane gan..
    thanks infonya gan

    ReplyDelete
  98. artikelnya menarik, thanks ya :)

    ReplyDelete
  99. mantap gan bermanfaat.. visit back my blog :) thanks..

    ReplyDelete
  100. bagus banget postingan blognya, sukses ya :)

    ReplyDelete
  101. sangat menarik dan bermanfaat gan :D

    ReplyDelete
  102. Hi just wanted to give you a quick heads up
    and let you know a few of the images aren't loading correctly. I'm not sure why but I think its a linking issue.
    I've tried it in two different web browsers and both show the same outcome.

    Feel free to visit my weblog weight loss programs for women

    ReplyDelete
  103. I'm curious to find out what blog platform you happen to be working with? I'm having some small security
    problems with my latest site and I would like to find
    something more safeguarded. Do you have any recommendations?



    Take a look at my website :: golf swing tips short game

    ReplyDelete
  104. Mkasih atas infonya gan,saya jadi terinofasi...

    ReplyDelete
  105. sangat bermanfaat dan semoga sukses selalu kawan :) happy blogging

    ReplyDelete
  106. Bermanfaat bgt nih sharenya, salam sukses selalu gbu

    ReplyDelete
  107. What's up, its pleasant article regarding media print, we all understand media is a wonderful source of facts.

    Feel free to surf to my blog post 31 day fat loss cure

    ReplyDelete
  108. terimakasih atas informasinya
    http://goo.gl/L2Q0X

    ReplyDelete
  109. Hello to every , because I am genuinely eager of reading this
    webpage's post to be updated on a regular basis. It contains fastidious data.

    Here is my webpage; women hair loss causes

    ReplyDelete
  110. Olah raga memang penting, tapi menonton olah raga terkadang sangat berbahaya karna di indonesia sangat marak terjadi tawuran antar suporter atau pendukung

    ReplyDelete
  111. Olah raga memang penting, tapi menonton olah raga terkadang sangat berbahaya karna di indonesia sangat marak terjadi tawuran antar suporter atau pendukung

    ReplyDelete
  112. postingan kamu sangat bagus sekali.
    saya menjadi dapat inspirasi dari postingan anda.
    terima kasih banyak sob.

    ReplyDelete
  113. postingan kamu sangat bagus sekali.
    saya menjadi dapat inspirasi dari postingan anda.
    terima kasih banyak sob.

    ReplyDelete
  114. Emang permintaan pasar selalu berubah-rubah.

    ReplyDelete
  115. infonya sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  116. mksih gan, http://indonesianrush.blogspot.com/

    ReplyDelete

Followers