Friday 29 May 2009

Tips Merawat Laptop dengan baik


Sebagai seorang blogger mania selain jaringan koneksi ke Internet tentunya Laptop/PC menjadi syarat utama. Perawatan sebuah laptop, tentu saja akan berbeda dengan sebuah PC biasa. Secara umum, merawat software sama saja, namun untuk fisiknya perlu penanganan khusus. Ini dikarenakan perbedaan yang nyata di fisik laptop yang mendukung fungsi mobile kita. Laptop memiliki dimensi lebih kecil serta bodi yang lebih rentan disbanding PC biasa.

Banyak dari kita yang mungkin hanya bisa mengoperasikan laptop tapi kurang mengetahui bagaimana agar laptop bisa terawat dengan baik dan berumur panjang.
Berikut beberapa tips merawat laptop yang bisa Anda praktekkan


1.Keyboard
Keyboard laptop pasti gampang sekali kotor, entah karena jari tangan yang berminyak, abu rokok, remah-remah roti, atau debu. Ambil kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacum cleaner portabel untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol keyboard dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Kalau bisa pergunakan proteksi pelindung keyboard untuk mencegah kotoran.

2.Membersihkan Layar
Jangan sembarangan menggunakan cairan pembersih pada layar, pakailah pembersih kaca. Semprotkan pada kain halus atau katun, lalu poles layar monitor. Jangan menyemprotkan langsung pada layar, karena bisa menyebabkan pemukaan LCD (Liquid Crystal Display) menjadi belang. Bersihkan secara searah, misalnya dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan, serta jangan menekannya terlalu keras.

3.Hindari Panas Matahari
Jangan meninggalkan notebook di dalam mobil yang diparkir di bawah sinar matahari. Panas yang berlebihan di dalam mobil bisa menyebabkan kerusakan komponen-komponen Laptop.

4.Menghindari Goresan
Amankan benda-benda tajam dari sekitar laptop. Taruh lapisan pelindung di atas keyboard sebelum Anda menutup case, agar layar tak tergores. Apabila Anda hendak bepergian, masukkan laptop pada tas yang telah tersedia, bahkan jika perlu sebelum dimasukkan ke dalam tas untuk memberikan pengamanan ekstra masukkan dahulu ke dalam Case/Kondom Laptop yang banyak tersedia di toko buku atau computer baru di masukkan ke dalam tas.

5.Case Cemerlang
Tangan yang kotor dan berminyak juga menjadi penyebab case tidak mengkilap lagi. Pakai deterjen yang tidak mengandung zat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk peranti elektronik, yang biasanya berupa busa. Semprotkan pada kain lap lembut, lalu gosok secara perlahan permukaan case.

6.Menyimpan Laptop
Bila Anda akan menyimpan laptop dalam waktu lama, sebaiknya baterai dilepaskan dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Berikan silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

7.Hindari Medan Magnet
Untuk melindungi data yang ada di dalam hard disk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar notebook. Peranti-peranti penghasil medan magnet, misalnya, speker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau HP. Sekiranya Anda ingin mengakses Internet menggunakan fasilitas kabel pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari laptop.

8. Jangan Menggunakan Laptop di atas tempat tidur
Laptop pada saat di gunakan harus memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebagian besar ada di bagian bawah Laptop. Ketika kita meletakkan di alas yang lembut seperti tempat tidur, sofa dsb, bagian sirkulasi bawah akan tersumbat dan menjadikan Laptop kita bisa terlalu panas. Tentu saja hal ini tidak baik untuk kelangsungan umur laptop anda.

Selamat merawat dan menggunakan Laptop anda.


13 comments:

  1. kalo kita pake laptop sampe baterai habis.. bisa cepet rusak jg ga?? selain tips diatas, ada tips lebih lgi ga?

    trims

    ReplyDelete
  2. Louboutin Shoes
    are aswell advised college and higher, bigger and finer. A brace of Christian Louboutin Boots
    is an basal affluence in some occasions. The heel top of Christian Louboutin Pumps
    is wide. These Christian Louboutin Sandals
    chatter toe pup became actual popular.

    ReplyDelete
  3. klo gak baca ini, tak kan awet smpe skg..

    ReplyDelete
  4. Some genuinely great posts on this site, thankyou for contribution.

    ReplyDelete
  5. Terimakasih Tipsnya, kalo kita dirumah dengan cara baterai dilepas dan dicokan langsung ke listrik, apa bisa memperpanjang umur baterai

    ReplyDelete
  6. I am excited with the valuable answers that are in your expert articles.I will also bookmark your blog and check out everynew day. I imagine I can learn a lot from them!

    ReplyDelete
  7. Wah gan makasih banget buat tipsnya :)

    ReplyDelete

Powered By Blogger

Followers